Ahad 09 Aug 2020 21:19 WIB

Mahasiswi Amikom Sukses Bawa Produk Bisnis Raih Pendanaan

Inovasinya didanai tiga tahun berturut-turut oleh Kemenristekdikti

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Produk salah satu mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta, Youth Communication Academy (YMC) Indonesia, terus meraih prestasi. Itu merupakan produk bisnis mahasiswi Prodi Kewirausahaan Amikom, Rahayu Dewi Kurnianingsih.

Mahasiswi yang biasa disapa Ayu itu sukses membawa inovasinya didanai tiga tahun berturut-turut. Mulai dari Kementerian Ristek dan Dikti pada 2018 dan 2019, kini dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2020.

Dibimibing Wahyu Sukestyastama Putra, Tim Ayu selalu berusaha memberikan inovasi yang dibutuhkan segmentasi pasar bisnis YCA yaitu anak muda. Pada 2018, mereka berhasil juara tiga nasional atau perunggu KMI Award yang dilaksanakan di Bogor.

Kemudian, menjadi juara satu nasional atau medali emas di KMI Award 2019. Tim Ayu berhasil mengalahkan ratusan perguruan tinggi Indonesia yang dilaksanakan di Batam. Tahun ini, mereka kembali memberi inovasi baru dari bisnis jasanya itu.

YCA merupakan jasa pelatihan bidang komunikasi dan manajemen SDM untuk generasi muda. Lewat itu, Ayu mengajak seluruh anak muda Indonesia meningkatkan nilainya melalui peningkatan softskill, salah satuya komunikasi.

Dengan meningkatnya kemampuan berkomunikasi diharapkan kualitas generasi masa depan dapat menjadi lebih baik dibandingkan hari ini. Kebermanfaatan yang ada itu yang membuat bisnis YCA Indonesia ini meraih predikat juara berturut-turut.

"Kami memberikan dukungan penuh kepada Tim YCA agar selalu memberikan banyak kebermanfaatan kepada orang banyak," kata Direktur Kemahasiswaan dan Kaprodi Kewirausahaan, Suyatmi, Senin (9/8). Ia mengaku bangga melihat prestasi itu.

Senada, Dekan Fakultas Ekonomi dan Sosial, Emha Taufiq Luthfi, memberi apresiasi tinggi atas prestasi tersebut. Ia merasa, prestasi demi prestasi yang diraih Ayu dan tim turut memperlihatkan kesuksesan pembinaan Prodi Kewirausahaan Amikom.

"Menunjukan kurikulum Program Studi Kewirausahaan Amikom terbukti mampu ciptakan wirausaha-wirausaha yang andal dan siap bersaing secara global," ujar Emha.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement