Senin 28 Sep 2020 09:00 WIB

Panduan Bikin Secangkir Kopi Sempurna di Rumah

Kopi yang enak juga dapat disiapkan sendiri di rumah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman kopi. Selama periode pandemi Covid-19, setidaknya banyak orang yang ingin membuat secangkir kopi nikmat di rumah.
Foto: ROL
Minuman kopi. Selama periode pandemi Covid-19, setidaknya banyak orang yang ingin membuat secangkir kopi nikmat di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi menjadi olahan minuman yang sudah dinikmati hampir seluruh warga dunia. Industri maupun kedai kopi yang menjamur menjadi cerminan warga yang sudah terbiasa dengan sajian kopi.

Namun, selama periode pandemi Covid-19, setidaknya banyak orang yang ingin membuat secangkir kopi nikmat di rumah. Berikut panduan sejumlah ahli yang bisa dicoba, dilansir laman The Guardian.

Baca Juga

Jonny England, kepala global kopi di Pret a Manger, menekankan pentingnya mulai dari memilih biji kopi hingga cara penyimpanannya. Disarankan untuk menggunakan kotak penyimpanan dalam menjaga kemasan tetap tertutup, dan simpan di tempat yang sejuk, kering, jauh dari bau atau sinar matahari. Pastinya, jangan taruh di lemari es karena akan mempercepat degradasi kopi, akibat kelembapan dan bau menyengat produk makanan di lemari es.

"Kopi itu seperti spons dan menyerap bau apapun yang terkena. Anda benar-benar tidak ingin kopi Anda terasa seperti keju," ujarnya.