Ahad 04 Oct 2020 07:17 WIB

Penderita Jantung, Salah Satu Kelompok Paling Berisiko Covid

Virus corona serang pernapasan dari paru lalu ke jantung.

Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Covid-19. Penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat berkaitan erat dengan corona virus (Covid-19).
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19. Penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat berkaitan erat dengan corona virus (Covid-19).

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Fitrianti Suciati Laitupa, Sp.Jp menyatakan, penderita jantung menjadi satu dari dua kelompok paling berisiko jika terpapar Covid-19.

"Virus ini menyerang saluran pernapasan manusia, kemudian ke paru-paru lalu ke jantung. Terlebih pada orang tua di usia lanjut, atau orang yang mempunyai penyakit bawaan terlalu berisiko," kata dr. Suciati di Tulungagung, Sabtu (3/10).

Baca Juga

Kata dia, penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat berkaitan erat dengan corona virus (Covid-19). Ketika jantung sudah bermasalah virus ini akan sangat mudah masuk lalu akan merusak bagian saluran saraf jantung sehingga menjadi ketidakstabilan fungsi jantung.

"Di era pandemi Covid-19 ini sangat berisiko pada penderita penyakit jantung. Oleh karena itu sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan jantung," katanya.