Rabu 21 Oct 2020 15:47 WIB

Dokternya Schumacher Jajal Stem Cell untuk Atasi Covid-19

Stem cell diharapkan dapat bantu pulihkan peradangan hebat pasien Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Juara F1 tujuh kali Michael Schumacher mendapatkan perawatan stem cell untuk mengatasi cedera otak sejak kecelakaan pada 2013.
Foto: Aipchart Weerawong/AP
Juara F1 tujuh kali Michael Schumacher mendapatkan perawatan stem cell untuk mengatasi cedera otak sejak kecelakaan pada 2013.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Philippe Menasché tengah menjajal kemahirannya di bidang sains untuk membantu melawan virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan penyakit Covid-19. Dia terkenal sebagai dokter yang menggunakan metode perawatan sel punca perintis untuk membantu pemulihan pembalap mobil Michael Schumacher.

Menasché mengatakan, pengobatan sel punca sedang dikembangkan untuk membantu mengobati pneumonia dan peradangan akibat infeksi virus corona. Sedikit yang diketahui tentang operasi sel punca yang dilakukan pada Schumacher, tetapi ia diyakini telah menerima transfusi sel punca pengurang peradangan.

Baca Juga

Sains yang dilakukan Menasché saat ini digunakan untuk membantu memerangi Covid-19. Ia meyakini langkah tersebut sangat aman.

Menasché diduga telah mencangkokkan sel-sel sehat ke jantung pasien Covid-19 untuk membantu pemulihan. Menasché menjelaskan bahwa Covid-19 menyebabkan respons peradangan hebat yang dapat menyebabkan kematian.