Kamis 29 Oct 2020 00:24 WIB

Amankah Kentang untuk Kontrol Gula Diabetes?

Konsumsi kentang bersama makanan lain tak berdampak negatif bagi kadar gula darah

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Gita Amanda
Kentang
Foto: ist
Kentang

REPUBLIKA.CO.ID, Seperti halnya gula, penyadang Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 kerap dianjurkan untuk menjauhi konsumsi kentang. Alasannya, kentang diyakini dapat membuat penyandang DM tipe 2 sulit mengontrol kadar gula darah.

Studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Australian Catholic University ternyata menemukan hal yang berbeda. Setelah melakukan uji klinis, tim peneliti menemukan bahwa konsumsi kentang bersamaan dengan makanan lain tidak memberikan dampak negatif bagi kadar gula darah penyandang DM tipe 2.

Baca Juga

Studi ini melibatkan 24 orang dewasa penyandang DM tipe 2. Selama studi berlangsung, para partisipan ini mendapatkan menu sarapan dan makan siang yang sama. Akan tetapi, ada empat opsi makan malam yang disediakan untuk para partisipan.

Makanan-makanan yang disajikan selama studi selalu memuat kentang putih tanpa kulit. Kentang putih tanpa kulit ini dimasak dengan cara direbus, dipanggang, atau direbus kemudian didinginkan dan dipanaskan. Sedangkan kelompok kontrol mendapatkan nasi dalam makanannya.