Senin 02 Nov 2020 14:49 WIB

Penjualan Xiaomi Lampaui Apple di Kuartal Ketiga

Xiaomi memasarkan 46,2 juta unit ponsel pada kuartal ketiga,

Ponsel Xiaomi Mi 10 dengan varian warna Coral Green
Foto: dok. Xiaomi
Ponsel Xiaomi Mi 10 dengan varian warna Coral Green

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan teknologi asal China menjadi jenama ponsel pintar, smartphone nomor 3 dunia pada Q3 2020. Data ini berdasarkan laporan sejumlah lembaga riset dan analis data, yakni IDC, Counterpoint dan Canalys.

Pada kuartal ini Xiaomi mencapai pengapalan ponsel pintar terbesar yakni sebanyak 46,2 juta unit. Berdasarkan laporan dari IDC, Xiaomi berhasil melampaui Apple dengan pangsa pasar 13,1 persen. Xiaomi tumbuh 42 persen dibandingkan Q3 2019.

Baca Juga

Performa ini kebanyakan disumbang oleh pasar India yang kembali pulih serta pasar di China yang makin kokoh. Di India, kapasitas produksi Xiaomi telah pulih ke tingkat 85 persen sebelum pandemi COVID-19 terjadi.

"Bagi Xiaomi, pencapaian ini tidak lepas dari Mi Fans di Indonesia yang memberikan dukungan tanpa henti. Di tengah kondisi seperti sekarang, kita tetap membangun optimisme dengan menghadirkan berbagai produk dan inovasi dari smartphone dan perangkat pintar," kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse, dalam keterangan tertulis, Senin (2/11).

Laporan dari Counterpoint menyebut performa yang baik dari Xiaomi untuk pasar di Indonesia serta negara lain di Asia Tenggara yakni Filipina dan Vietnam. Ekspansi yang masif di pasar baru di kawasan Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika, serta Eropa menambah capaian Xiaomi.

Sementara itu, laporan dari Canalys menyebut pelonggaran terhadap pembatasan tempat usaha pergerakan manusia menyebabkan jumlah pengapalan ponsel pintar hanya turun 1 persen dibandingkan Q3 2019.

Pada kuartal ini, Xiaomi agresif dalam menghadirkan ponsel pintar dalam jumlah besar untuk mengisi kekosongan yang diakibatkan penurunan produksi dari brand lain. Di pasar Eropa, Xiaomi tumbuh sebesar 88 persen.

Berdasarkan laporan keuangan Semester I 2020, Xiaomi mencatatkan pendapatan sebesar 103,24 miliar renminbi dan laba bersih 5,67 miliar renminbi.

Untuk pasar Indonesia, Canalys juga menyebut Xiaomi menguasai pangsa pasar produk audio pintar di Indonesia hingga 44,2 persen berdasarkan riset yang dipublikasikan bulan Juli 2020.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement