Selasa 10 Nov 2020 17:09 WIB

Studi: Gen X dan Baby Boomer Kian Gemar Belanja Daring

Studi Facebook menyebutkan Gen X dan Baby Boomer dominasi pertumbuhan e-commerce.

Red: Nora Azizah
Studi Facebook menyebutkan Gen X dan Boomers dominasi pertumbuhan e-commerce (Foto: ilustrasi)
Foto: Needpix
Studi Facebook menyebutkan Gen X dan Boomers dominasi pertumbuhan e-commerce (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi terbaru dari Facebook IQ tentang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menunjukkan bahwa 43 persen Gen X dan Baby Boomer mulai berbelanja online saat pandemi. Gen X dan Baby Boomer mendominasi pertumbuhan seluler dan e-commerce. 

"Sebanyak 43 persen yang kami survei dari Gen X dan Baby Boomer mengatakan telah meningkatkan total pengeluaran belanja online mereka selama COVID-19," ujar Vertical Lead untuk Facebook di Indonesia, Aldo Rambie, dalam Facebook Summit Indonesia 2020, Selasa (10/11).

Baca Juga

Generasi X adalah mereka yang lahir tahun 1965-1979, sementara generasi baby boomer adalah mereka yang lahir tahun 1944-1964. Menurut Aldo, hal itu bukan menjadi suatu hal yang mengejutkan. Sebab, dia mengatakan Indonesia merupakan negara dengan penetrasi mobile first, di mana telepon genggam menjadi acuan utama untuk customer journey.

Selanjutnya, riset Facebook IQ juga menunjukkan bahwa sebanyak 70 persen mengatakan mereka akan lebih mau membeli dari sebuah bisnis jika mereka bisa mengirimkan pesan ke bisnis online tersebut. Secara umum, Groceries atau barang kebutuhan pokok sehari-hari menjadi kategori yang paling menikmati kenaikkan, di mana 56 persen orang yang di survey di Indonesia menyatakan mereka melakukan lebih banyak pembelian online di kategori ini.