Selasa 01 Dec 2020 18:31 WIB

Xiaomi Salip Apple Jadi Vendor Ponsel Nomor 3 Dunia

Samsung memegang posisi nomor 1 dengan pangsa pasar 22 persen.

Red: Nidia Zuraya
Ponsel Xiaomi.
Foto: EPA
Ponsel Xiaomi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laporan perusahaan riset teknologi informasi, Gartner, menunjukkan Xiaomi mengungguli Apple ke posisi nomor 3 untuk pertama kalinya pada kuartal ketiga tahun 2020. Xiaomi tercatat menjual 44,4 juta unit, sedangkan Apple menjual 40,5 juta unit, turun 0,6 persen dibandingkan pada 2019.

"Sedikit penurunan ini terutama disebabkan oleh penundaan pengiriman Apple dari generasi baru iPhone 2020, yang pada tahun-tahun sebelumnya akan selalu dimulai pada pertengahan/akhir September. Tahun ini, acara peluncuran dan pengiriman dimulai 4 minggu lebih lambat dari biasanya," wakil presiden riset di Gartner, Annette Zimmermann, dikutip dari situs resmi Gartner, Selasa (1/12).

Baca Juga

Di antara lima produsen smartphone teratas, Samsung memegang posisi nomor 1 dengan pangsa pasar 22 persen. Kemudian disusul oleh Huawei dengan pangsa pasar 14,1 persen, sementara Oppo menutup lima besar dengan pangsa pasar 8,2 persen.

Samsung dan Xiaomi adalah satu-satunya vendor di lima besar yang mengalami pertumbuhan pada kuartal ketiga tahun 2020. Samsung diuntungkan dari posisinya yang kuat di antara pengguna Android dan mencatatkan penjualan sebesar 80,8 juta unit.