Senin 07 Dec 2020 06:58 WIB

China Berhasil Kembangkan Komputer Supremasi Kuantum

Teknologi yang dikembangkan China merupakan komputer kuantum jenis baru.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah
Prosesor komputer kuantum (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Prosesor komputer kuantum (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Beberapa lembaga penelitian di China dilaporkan telah mengembangkan komputer yang mencapai supremasi kuantum. Berdasarkan informasi, teknologi komputer itu juga merupakan komputer kuantum jenis baru.

"Keuntungan komputasi kuantum seperti ambang batas. Artinya, ketika kapasitas prototipe komputer kuantum baru melampaui komputer tradisional terkuat dalam menangani tugas tertentu, itu membuktikan bahwa ia mungkin akan membuat terobosan di banyak bidang lain,’’ kata Lu Chaoyang, profesor dari Universitas Sains dan Teknologi China, dikutip dari upi, Senin (7/12).

Baca Juga

Meski demikian, komputer jenis kuantum itu bukan yang pertama kalinya dibuat. Tahun lalu, komputer kuantum Google menjadi yang pertama mencapai supremasi kuantum.

Diketahui komputer itu mampu melakukan kalkulasi dalam hitungan menit, yang diperkirakan para ilmuwan akan membutuhkan superkomputer 10 ribu tahun untuk menyelesaikannya. Menurut penjelasan, supremasi kuantum dicapai ketika komputer kuantum dapat menghasilkan kinerja super komputer terbaik hanya dengan satu tugas.