Monday, 27 Rabiul Awwal 1446 / 30 September 2024

Monday, 27 Rabiul Awwal 1446 / 30 September 2024

Respons Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Terkait Isu Aktual 

Selasa 08 Dec 2020 22:33 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) merespons isu aktual terkait komitmen KPU selesaikan persoalan jelang Pilkada

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) merespons isu aktual terkait komitmen KPU selesaikan persoalan jelang Pilkada

Foto: MPR
Bamsoet respons isu aktual terkait komitmen KPU selesaikan persoalan jelang Pilkada

REPUBLIKA.CO.ID, 1. Sejumlah persoalan untuk penerapan protokol kesehatan di Pilkada 2020 masih ditemukan, seperti masih adanya petugas di tempat pemungutan suara (TPS) yang belum menjalani tes Covid-19, belum meratanya pendistribusian alat pelindung diri (APD) serta adanya TPS yang penempatannya tidak sesuai dengan protokol kesehatan (prokes), respon Ketua MPR RI:

A. Meminta komitmen komisi pemilihan umum (KPU) dan KPU Daerah untuk segera menyelesaikan sejumlah persoalan tersebut agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar dan sukses, mengingat tersisa waktu sehari sebelum pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

B. Meminta Bawaslu bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk dapat terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada, terutama memastikan prokes di setiap TPS, baik sarana prasarana maupun aturan terkait prokes telah sesuai standar kesehatan dan keselamatan, guna mencegah terbentuknya kluster baru penyebaran Covid-19 yang berasal dari penyelenggaraan Pilkada 2020.

C. Meminta KPU, Bawaslu, dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk berupaya dan berkomitmen tinggi dalam mencegah terjadinya kluster Covid-19 dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.