Jumat 11 Dec 2020 15:12 WIB

Anak Sopir Ini Jadi Lulusan Terbaik Fakultas MIPA IPB

Ia memperoleh Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

Red: Irwan Kelana
rif Maulana menjadi lulusan terbaik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB dalam wisuda daring, Kamis (10/12).
Foto: Dok IPB University
rif Maulana menjadi lulusan terbaik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB dalam wisuda daring, Kamis (10/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Minatnya terhadap bidang ekologi-biologi evolusi mengantarkan Arif Maulana menjadi lulusan terbaik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University pada upacara wisuda yang digelar secara daring, Kamis  (10/12). Penelitiannya tentang ladybird beetle mengharuskannya untuk seminggu sekali melakukan fieldwork di daerah pegunungan Bandung Selatan. Arif harus membawa pulang stok pakan daun yang hanya ditemukan di sana.

“Laboratories work di laboratorium sering membuat saya terjaga hingga larut malam untuk mengurus ribuan ekor kumbang. Tapi itu semua saya lakukan dengan suka cita. Seperti yang dikatakan Dante Alighieri “Love awakens the soul to act,” ucapnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Kecintaanya pada ilmu Biologi mempertemukannya dengan Dr Sih Kahono, ahli Epilachninae Indonesia, dalam suatu kuliah umum. Selain menjadi dosen pembimbing, Dr Sih menggandeng Arif untuk menyusun artikel ilmiah yang akan segera dipublikasikan.

Arif Maulana, lulusan SMA Negeri 51 Jakarta ini bukan berasal dari keluarga berada. Ayahnya bekerja sebagai sopir pribadi. Untuk kuliah Arif menerima manfaat dari beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).