Rabu 23 Dec 2020 18:56 WIB

Kampus Bisnis Umar Usman Gelar Webinar Kewirausahaan

Webinar ini bagian program Damping UMKM Kampus Umar Usman dengan KMM Dompet Dhuafa

Kampus Bisnis Umar Usman kumpulkan para pelaku UMKM di Indonesia. Acara yang diikuti oleh ratusan peserta ini bertajuk Webinar Kewirausahaan
Foto: Kampus Bisnis Umar Usman
Kampus Bisnis Umar Usman kumpulkan para pelaku UMKM di Indonesia. Acara yang diikuti oleh ratusan peserta ini bertajuk Webinar Kewirausahaan "Tetap Eksis di Masa Krisis" yang berlangsung secara online. Para praktisi bisnis yang menjadi narasumber pada webinar hari ini adalah Mas Mono (Owner Ayam Bakar Mas Mono), tak segan beliau berbagi pengalamannya yang selama 2 dekade telah berkecimpung di dunia bisnis kuliner, dan pada sesi kedua adalah Salman Al Farisi (Praktisi Digital Marketing) yang memberikan pemaparan tentang pentingnya digital marketing bagi pengembangan bisnis di era ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kampus Bisnis Umar Usman kumpulkan para pelaku UMKM di Indonesia. Acara yang diikuti oleh ratusan peserta ini bertajuk Webinar Kewirausahaan "Tetap Eksis di Masa Krisis" yang berlangsung secara online.

Webinar ini sebagai bentuk acara pembukaan dari program Damping UMKM yang akan dilaksanakan Kampus Bisnis Umar Usman bersama Karya Masyarakat Mandiri (KMM) Dompet Dhuafa dan Sari Husada.

Pada bulan Januari 2021 mendatang, akan dilaksanakan Program Pendampingan UMKM untuk peserta yang telah mendaftar dan mengikuti rangkaian dari acara Webinar kali ini. Program Pendampingan UMKM dengan bentuk pelatihan kewirausahaan atau mentoring bersama coach dan praktisi bisnis ini akan dilakukan secara online selama 3 pekan.

Penyampaian materi antara lain terkait inovasi bisnis, pengelolaan keuangan, desain untuk UMKM  dan yang lainnya akan diberikan secara intensif kepada para peserta.

Webinar dibuka oleh Ir. Arif Rahman Hakim, MS yang merupakan Deputi Pengembangan SDM Kemenkop dan UMKM. Dalam pemaparannya Arif menyampaikan, "Kegiatan yang kita lakukan saat ini adalah bentuk dukungan kepada para UMKM di Indonesia yang selama ini sudah berjuang untuk terus bertahan dan tetap eksis di masa krisis. Kami ingin agar para pengusaha mikro dapat terus berkembang, bahkan melahirkan para entrepreneur baru, sehingga rasio kewirausahaan nasional bisa terus meningkat."

Para praktisi bisnis yang menjadi narasumber pada webinar hari ini adalah Mas Mono (Owner Ayam Bakar Mas Mono), tak segan beliau berbagi pengalamannya yang selama 2 dekade telah berkecimpung di dunia bisnis kuliner, dan pada sesi kedua adalah Salman Al Farisi (Praktisi Digital Marketing) yang memberikan pemaparan tentang pentingnya digital marketing bagi pengembangan bisnis di era ini.

Menemani Mas Mono dan Salman, hadir sebagai pembicara ketiga adalah Direktur Utama KMM, Zaenal Abidin. Zaenal memfokuskan pemaparannya tentang social enterprise dan tantangannya, Zaenal menyampaikan bahwa, "Ada 3 Tantangan dan Paradoks dalam dunia social enterprise diantaranya Strategi, Legitimasi, Tata Kelola Motif Sosial Vs Ekonomis."

Demikianlah acara ini yang merupakan salah satu kontribusi dari Kampus Bisnis Umar Usman bersama Karya Masyarakat Mandiri (KMM) Dompet Dhuafa dan Sari Husada dalam membangun pergerakan roda ekonomi di Indonesia dengan mendukung para pelaku UMKM agar tetap bisa terus berkembang dalam setiap situasi dan kondisi yang ada.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement