Selasa 05 Jan 2021 11:23 WIB

Avanza Terus Jadi Mobil Terlaris Toyota

Penjualan Toyota didominasi oleh Toyota Avanza, Rush, Innova, Calya dan Agya.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Tampilan baru interiso Toyota New Avanza yang dipamerkan pada peluncuran New Avanza dan New Veloz 2019 di Jakarta, Selasa (15/1).
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Tampilan baru interiso Toyota New Avanza yang dipamerkan pada peluncuran New Avanza dan New Veloz 2019 di Jakarta, Selasa (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Saat ini, pasar otomotif global dan domestik didominasi oleh produk multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV). Artinya, jika sebuah jenama ingin meraih pangsa pasar yang optimal, maka pabrikan itu perlu serius untuk menggarap pasar pada segmen tersebut.

Hal itu lah yang dilakukan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang sudah sekian lama berada pada puncak peringkat penjualan berdasar hasil rekapitulasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, capaian itu dapat terus dipertahankan karena Toyota secara konsisten melakukan strategi produk dan strategi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga

“Sepanjang 2020, penjualan Toyota didominasi oleh Toyota Avanza, Rush, Innova, Calya dan Agya,” kata Anton kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Avanza sendiri jadi produk terlaris dengan catatan penjualan pada Januari hingga November 2020 sekitar 35 ribu unit. Sedangkan Rush dan Innova membukukan penjualan sekitar 29 ribu unit dan 26 ribu unit. Kemudian, Calya dan Agya memberikan kontribusi penjualan sebanyak 25 ribu dan 12 ribu unit.