Kamis 21 Jan 2021 14:54 WIB

Prof Rokhmin Dorong Perguruan Tinggi Perkuat Riset

Perguruan tinggi yang  unggul terutama berbasis riset (R & D).

Red: Irwan Kelana
Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS  memberikan kuliah umum di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (20/1).
Foto: Dok RD Institute
Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS memberikan kuliah umum di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (20/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH --  Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-IPB University Prof  Dr  Ir  Rokhmin Dahuri  MS mengatakan,  peran perguruan tinggi sangat penting dalam upaya pembangunan sektor kelautan yang berkelanjutan. Untuk itu, perguruan tinggi perlu memperkuat risetnya.

“Jika ingin sektor kelautan cepat maju, maka perguruan tinggi yang menyiapkan SDM-nya untuk menangani sektor kelautan dan perikanan, harus mengarahkan institusinya sebagai perguruan tinggi berbasis riset,” kata Prof Rokhmin saat memberikan Kuliah Umum “Pengelolaan Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan Terpadu untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Berkelanjutan” yang diadakan oleh Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (20/1). Kuliah umum dilaksanakan secara daring dan luring.

Prof Rokhmin menyebutkan perguruan tinggi yang  unggul terutama berbasis riset (Research-Based University). Menurutnya, lulusan perguruan tinggi yang berbasis Research and Development (R & D)  mampu menghasilkan invensi (prototipe) teknologi dan non-teknologi yang siap untuk diproduksi secara masal menjadi inovasi teknologi dan non-teknologi. “Selain itu, menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional dan internasional yang terakreditasi,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Di samping itu, kata dia, menyediakan metoda dan informasi ilmiah sebagai dasar dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan pembangunan (planning and decision-making processes). Tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan IMTAQ kepada Tuhan Yang Mahaesa menurut agama masing-masing, dan menghasilkan etos kerja unggul serta akhlak mulia.