Jumat 05 Feb 2021 11:59 WIB

Tips Mendekor Ulang Rumah Meski Dana Terbatas

Jika rumah berukuran kecil, manfaatkan bagian dinding atas sebagai ruang penyimpanan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Dekorasi rumah dengan dana terbatas (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Dekorasi rumah dengan dana terbatas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai tempat tinggal, rumah seyogianya menjadi tempat di mana penghuninya merasa nyaman dan bahagia. Terlebih, pandemi Covid-19 mengharuskan Anda memusatkan kegiatan di rumah saja.

Untuk itu, kondisi rumah perlu dibuat senyaman mungkin. Memperbaiki dekorasi rumah dapat dilakukan demi menyegarkan hunian. Sayangnya, pandemi Covid-19 juga menjadi masa sulit dan membuat ekonomi banyak orang tersendat. Tak sedikit memiliki dana terbatas untuk mendekorasi ulang rumah. 

Dekorator dan penata gaya di Toronto, Lynda Felton, memberikan kiat dengan dana yang terbatas. Menurut Felton, jika tak tahu cara mendesain ruangan di rumah, Anda bisa mencari inspirasi di media sosial.

"Anda dapat membuka Pinterest dan mengetik hal yang paling sederhana dan mendapatkan halaman dan halaman inspirasi orang lain. Saya selalu merasa itu adalah tempat yang baik untuk memulai,"kata Felton, seperti dilansir di Huffington Post, Kamis (4/2).

Inspirasi bisa datang dari hampir semua visual, seperti warna, tekstur, hingga potongan bahan alami. Inspirasi adalah hal-hal yang membuat Anda memiliki pikiran-pikiran baik dan membuat bahagia.

Selain itu, Anda perlu memikirkan tentang kebutuhan rumah yang dapat berubah.  Saat ini, rumah juga menjadi ruang kerja.

Felton mengatakan, Anda tidak perlu menimdahkan perabotan terlalu permanen.  Namun, mengingat pandemi Covid-19 diprediksi masih terjadi hingga beberapa bulan ke depan, maka pertimbangkan untuk memindahkan beberapa furnitur.

Dia juga menyarankan untuk mulai menabung untuk sofa atau kursi yang akan benar-benar menyempurnakan hari-hari. Perhatikan ruang yang Anda miliki dan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Penting pula untuk menyingkirkan hal-hal yang tidak digunakan lagi. Tak jarang, sebagian orang menumpuk barang dari waktu ke waktu. Ruang yang dulunya bersih dan teratur dapat dengan mudah menjadi berantakan.

Singkirkan barang-barang yang tak pernah lagi Anda jamah. Misalnya, pakaian-pakaian yang tak pernah dikenakan selama empat tahun terakhir atau buku-buku yang telah selesai dibaca. Meskipun menyingkirkan barang-barang terasa seperti tugas berat, namun Anda akan merasa lebih baik setelah melakukannya.

Sekarang waktunya melakukan itu. "Kadang-kadang dengan mengosongkan ruang membuat Anda terinspirasi untuk melakukan hal lain. Membuang banyak hal yang tidak Anda perlukan menciptakan lebih banyak ruang," kata Felton. 

Semua itu tidak harus dilakukan sekaligus. Felton merekomendasikan untuk memulai dengan hanya satu laci. Pada akhirnya, Anda akan melewati semuanya. "Sungguh menakjubkan apa yang akan berpengaruh pada suasana hati Anda secara keseluruhan," ujarnya.

 

Mulailah dari yang kecil dan pastikan Anda menyukai hasilnya. Sebagai contoh, sebelum mengecat seluruh ruangan, cobalah mengecat bagian belakang pintu terlebih dulu. Itu akan memberi perasaan yang jauh lebih akurat tentang seberapa nyaman Anda dengannya dibandingkan hanya melihat contoh cat.

"Jika menyukai warna itu tetapi tidak ingin mengecat seluruh ruangan, pertimbangkan untuk mengecat bingkai jendela saja," kata Felton. 

Jika rumah Anda berukuran kecil, pikirkan sesuatu secara vertikal. Dinding bagian atas sering kurang dimanfaatkan. Anda bisa melihat solusi penyimpanan yang menghabiskan ruang secara vertikal.

Pertimbangkan meja yang berukuran tinggi dan sempit daripada meja pendek dan lebar. Pencarian dengan kata kunci 'penyimpanan vertikal' atau 'meja tangga' dapat membantu Anda memperoleh furnitur yang sesuai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement