Senin 08 Mar 2021 19:12 WIB

Mengenal Beragam Jenis Velg Mobil Berdasar Proses Pembuatan

Velg mobil terbagi 3 jenis yaitu velg casting, velg flow forming dan velg forged.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
HSR Wheel menghadirkan rangkaian produk velg terbaru bernama Boroko Series yang hadir dengan gaya khas Japan Domestic Market (JDM).
Foto: dok. HSR
HSR Wheel menghadirkan rangkaian produk velg terbaru bernama Boroko Series yang hadir dengan gaya khas Japan Domestic Market (JDM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebuah mobil, velg merupakan salah satu komponen yang cukup krusial. Selain menunjang tampilan, velg juga memiliki peran dalam menunjang performa dan stabilitas kendaraan.

Pengendara juga ditawarkan oleh beragam jenis velg after market yang menawarkan velg yang sesuai dengan kebutuhan. HSR Wheel pun membagikan sejumlah cara dalam membedakan beragam jenis velg mobil berdasar ragam cara pembuatan.

Baca Juga

Community Manager HSR Wheel, Aldhy Rais mengatakan, berdasarkan cara pembuatan, pada dasarnya velg mobil terbagi jadi tiga jenis yaitu velg casting, velg flow forming dan velg forged.

"Velg casting adalah velg yang dibuat dengan cara dicetak. Cara pembuatan velg jenis ini dibagi jadi dua, yaitu gravity casting dan low presure casting. Pembuatan velg casting ialah dengan melelehkan material velg menjadi cairan,  kemudian material tersebut dituang ke cetakan yang sudah dibentuk," kata Aldhy dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Senin (8/3).