Ahad 21 Mar 2021 01:37 WIB

Benarkah Konsumsi Almond Kurangi Keriput Wajah?

Kacang almond dikenal sebagai salah satu camilan sehat yang kaya akan gizi.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Keriput (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Keriput (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang almond dikenal sebagai salah satu camilan sehat yang kaya akan gizi. Selain baik untuk kesehatan tubuh, konsumsi kacang almond ternyata juga dapat menunjang kecantikan kulit, khususnya terkait tampilan keriput wajah.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Nutrients. Studi tersebut mengungkapkan bahwa konsumsi kacang almond setiap hari dapat mengurangi kerutan pada perempuan pascamenopause.

Studi ini dilakukan oleh peneliti dari University of California (UC). Selama prosesnya, studi ini melibatkan 49 perempuan sehat pascamenopause dengan tipe kulit 1 atau 2 menurut skala Fitzpatrick. Para partisipan ini terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol.

Perempuan pada kelompok intervensi diminta untuk mengonsumsi kacang almond sebagai cemilan. Jumlah kacang almond yang dikonsumsi adalah sekitar 20 persen dari total asupan kalori harian atau sekitar 340 kalori per hari. Jumlah tersebut setara dengan sekitar 60 gram kacang almond.