REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN–-Bersamaan dengan peluncuran model SUV flagship terbarunya Almaz RS, Wuling Motors (Wuling) mengumumkan identitas logo barunya kepada masyarakat. Pada kegiatan hybrid (online dan offline) yang diselenggarakan di Hall 5 ICE BSD, dua tampilan logo berwarna merah dan silver dengan desain baru resmi diperkenalkan menggantikan identitas brand yang sebelumnya telah digunakan sejak awal masuk ke pasar otomotif Indonesia.
Hal ini merepresentasikan kehadiran Wuling semakin dekat dengan konsumen Tanah Air serta menguatkan posisi Wuling sebagai Global Brand yang terus berinovasi. Wuling Almaz RS merupakan produk pertama yang mengaplikasikan logo ini. “Perkenalan logo baru ini merupakan tonggak bagi kami untuk terus menghadirkan produk dan layanan terbaik dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat serta selalu mengembangkan teknologi dan inovasi terdepan untuk mobilitas canggih. Hal ini kami lakukan dengan tetap mengusung semangat Drive For A Better Life,” ujar Han Dehong, Assistant President of Wuling Motors.
Wuling memperkenalkan desain logo baru dengan warna Classic Red dan Global Silver yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Logo Classic Red didesain dengan sentuhan warna merah dan tampilan yang modern. Hal ini melambangkan komitmen Wuling untuk terus menghadirkan produk kendaraan penumpang berkualitas yang memiliki value for money dan menjawab kebutuhan konsumen.
Selain itu, Wuling juga memiliki logo Global Silver yang tahun lalu telah diperkenalkan di Tiongkok sebagai lambang baru Wuling secara global. Memiliki bentuk yang sama dengan logo classic red, namun dengan warna silver. Melalui desain dan warna baru ini, Wuling menggambarkan sebagi brand otomotif global yang selalu menghadirkan produk dan layanan yang mencakup teknologi dan inovasi yang terus mengikuti perkembangan zaman.
Dengan peluncuran dan penggunaan logo baru ini, Wuling memantapkan langkahnya di Indonesia dengan tiga pilar pendukung. Pertama, diversifikasi lini produk dengan menghadirkan beragam jenis kebutuhan mobilitas. Kedua, memperluas layanan dan produk serta beradaptasi menjadi trendsetter. Terakhir, Wuling menjadikan Indonesia sebagai benchmark serta basis produksi kendaraan untuk menjangkau berbagai negara.
Perjalanan evolusi lambang Wuling Motors diawali sejak diperkenalkannya logo pertama pada tahun 1985. Logo pertama tersebut terdiri dari lima berlian dua dimensi berkelir merah. Pembaharuan aksen dan tone warna merah telah dilakukan beberapa kali yaitu pada tahun 1990, 2003, dan 2005 dengan tetap mempertahankan bentuk desain, namun terdapat aksen dimensi berbeda. Tepat pada Mei 2020 lalu, logo baru berwarna silver diperkenalkan secara resmi di Tiongkok dan menjadi tanda Wuling Motors semakin bergerak secara global dalam inovasi dan teknologi mobilitas modern.
Tahun ini, logo tersebut diperkenalkan secara resmi di industri otomotif Indonesia tepat pada peluncuran SUV flagship Wuling, Almaz RS yang dilengkapi inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Almaz RS sendiri merupakan produk pertama yang mendapatkan identitas baru Wuling berwarna silver sebagai emblem.