Senin 05 Apr 2021 19:43 WIB

Batik dan Kerajinan RI Pikat Ibu Negara Turki

KBRI Ankara pernah mengirimkan masker sutera batik ke sejumlah pejabat tinggi Turki

Red: Hiru Muhammad
Ibu Negara Turki Emine Erdogan menerima dan jatuh cinta pada batik dan karya kerajinan anak bangsa Indonesia
Foto: KBRI Ankara
Ibu Negara Turki Emine Erdogan menerima dan jatuh cinta pada batik dan karya kerajinan anak bangsa Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,ANKARA--Batik dan kerajinan hasil karya anak bangsa Indonesia memikat sang ibu negara Turki, Emine Erdogan. Hal itu terlihat dari sangat antusiasnya dia saat menerima tanda mata berupa batik dan tas etnik khas Indonesia pada akhir Maret lalu.

Tanda mata tersebut disampaikan  istri Duta Besar RI untuk Turki, Sinta Agathia di kediaman presiden di lingkungan Istana Kepresidenan Turki di Ankara. Tanda mata tersebut dipesankan khusus dari sejumlah butik produk etnik di tanah air.

Sebelumnya Kedutaan Besar (KBRI) Ankara pernah mengirimkan masker sutera batik kepada sejumlah pejabat tinggi di Turki dalam rangka mempromosikan batik dan sekaligus memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki 2020 lalu. Dari laman media sosialnya, diketahui bahwa masker sutera kiriman KBRI Ankara tersebut beberapa kali digunakan Emine Erdogan saat menerima tamu ibu negara dari negara sahabat.

"Beliau menunjukkan minat dan pengetahuan luas mengenai produk-produk etnik, apalagi mengetahui mayoritas pengrajinnya adalah wanita," ujar Sinta Agathia dalam keterangan pers KBRI Ankara, Senin (5/4).