Selasa 13 Apr 2021 16:35 WIB

Pengguna Telekomunikasi Ramadhan Diprediksi Naik 7,86 Persen

Telkomsel mengantisipasi jalur mudik karena ada pemudik sejak jauh hari.

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Combat Telkomsel
Combat Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Ramadhan dan Lebaran tahun ini lonjakan trafik atau pengguna telekomunikasi, khususnya broadband, akan terkonsentrasi di area residensial. Kondisi serupa terjadi pada Ramadhan dan Lebaran tahun lalu, seiring dengan masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

Namun, menurut Executive Vice Presiden Telkomsel West Area, Gilang Prasetya, pihaknya masih tetap mengantisipasi jalur mudik. Hal itu dilakukan karena tidak tertutup kemungkinan masyarakat melakukan perjalanan mudik sejak jauh-jauh hari. Kondisi tersebut pun, terjadi pada Lebaran tahun lalu.

"Bukan tidak mungkin masyarakat mudik sebelum tanggal 6. Jadi, sejak jauh-jauh hari kami sudah mempersiapkan keandalan jaringan," ujar Gilang pada Virtual Press Confrence, Senin (12/4).

Menurut Gilang, tahun ini Telkomsel menetapkan 554 point of interest. Selain area residensial, area publik dan sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 juga menjadi point of interest Telkom tahun ini.Gilang mengatakan, Telkomsel memprediksi, pada periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini secara nasional akan terjadi lonjakan trafik telekomunikasi sebesar 8,54 persen dibanding kondisi normal.