Jumat 23 Apr 2021 13:22 WIB

Jadi Tren di Tiktok, Benarkah Klorofil Cair Menyehatkan?

Klaim-klaim menakjubkan membuat banyak orang tergoda mencoba tren ini.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Media sosial Tiktok kembali diramaikan dengan tren kesehatan baru berupa minuman klorofil cair (ilustrasi).
Foto: wikipedia
Media sosial Tiktok kembali diramaikan dengan tren kesehatan baru berupa minuman klorofil cair (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial Tiktok kembali diramaikan dengan tren kesehatan baru berupa minuman klorofil cair. Minuman ini disebut-sebut sebagai produk ajaib yang memiliki segudang manfaat seperti membantu penurunan berat badan hingga mengurangi jerawat.

Dengan klaim-klaim menakjubkan tersebut, tak heran bila semakin banyak orang tergoda untuk mencoba tren ini. Terlebih, minuman klorofil cair ini tampak menyegarkan dan proses pembuatannya sangat mudah. Untuk membuat minuman ini, cukup tambahkan beberapa tetes produk klorofil cair ke dalam air putih, lalu tambahkan es batu dan perasan lemon.

Terlepas dari popularitasnya, klaim kesehatan yang disematkan pada minuman klorofil cair ini ternyata tidak tepat. Klorofil pada dasarnya merupakan pigmen yang memberikan warna hijau pada tumbuhan, termasuk tumbuhan yang biasa disantap oleh manusia.

"Tumbuhan menggunakan klorofil untuk memerangkap cahaya yang dibutuhkan dalam fotosintesis. Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan kacang hijau merupakan sumber alami yang kaya klorofil," ujar ahli gizi Lisa Young PhD RDN, seperti dilansir di laman VeryWellHealth, Jumat (23/4).