Selasa 27 Apr 2021 07:54 WIB

CDC Catat Keamanan Vaksin Covid-19 untuk Ibu Hamil

Vaksin Pfizer dan Moderna dalam penggunaan darurat aman untuk ibu hamil.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Ibu Hamil.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Ibu Hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) menunjukkan bahwa vaksin untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru (COVID-19) aman bagi ibu hamil. Panduan dikeluarkan berdasarkan data awal penelitian yang dilakukan.

Studi juga dipublikasikan di New England Journal of Medicine (NEJM). Hasilnya menunjukkan bahwa produk vaksin COVID-19 dari Pfizer / BioNTech dan Moderna, yang masih diklasifikasikan dalam Emergency Use Authorization (EUA) aman untuk ibu hamil.

Baca Juga

Dilansir TrialSite, ada beberapa penelitian lain yang juga menunjukkan indikasi positif serta uji klinis formal yang sedang berlangsung. Selama ini, banyak ibu hamil yang merasa bingung, dan khawatir untuk melakukan vaksinasi karena ketakutan terhadap keselamatan janin yang dikandung.

Tujuan utama dari studi CDC adalah untuk lebih memahami risiko vaksin COVID-19 berbasis mRNA untuk perempuan hamil. Meski orang-orang yang termasuk dalam kelompok ini ternyata mendapatkan vaksin, mereka tidak memiliki data tentang aspek keamanan.