Selasa 25 May 2021 14:13 WIB

Pakai Bra Saat Tidur, Sehatkah?

Apakah memakai bra saat tidur bisa mencegah kendur?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Tidur (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tidur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan bra saat tidur bagi perempuan kerap diperdebatkan. Sebagian perempuan ada yang lebih nyaman tidur tanpa bra, namun ada juga yang sebaliknya. Lalu bagaimana pendapat ahli?

Dr Laura Downing dari Austin ObGyn Associates mengatakan, sejauh ini belum ada penelitian ihwal buruk atau tidaknya mengenakan bra saat tidur. "Tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa tidur dengan bra itu buruk, dan tidak ada penelitian yang membuktikan manfaatnya secara signifikan," kata Downing seperti dilansir di laman Greatist, Selasa (25/5).

Jadi keputusan untuk memakai bra atau tidak saat tidur tergantung pada kenyamanan masing-masing individu. Namun dokter spesialis kandungan, dr Danielle Jones, menyarankan untuk memakai bra yang lembut dan suportif saat tidur.

Anjuran itu utamanya ditujukan kepada perempuan yang memiliki ukuran payudara besar, sedang nyeri payudara, atau sedang menyusui. "Orang yang menyusui, terutama pada usia dini, mungkin lebih nyaman untuk memilih tidur dengan bra khusus untuk kenyamanan optimal," kata Jones.