Kamis 03 Jun 2021 20:22 WIB

Ciri Awal Penyakit Parkinson dalam Perilaku Tidur Kita

Penyakit parkinson seakan menanti kita di usia yang lebih tua.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ciri-ciri penyakit parkinson yang muncul pada saat kita tidur.
Foto: pxhere
Ciri-ciri penyakit parkinson yang muncul pada saat kita tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan bertambahnya usia, tak jarang kita khawatir mengenai kondisi tubuh kita yang semakin menua dan melemah. Berbagai penyakit seperti demensia, radang sendi, dan penyakit parkinson seakan menanti kita di usia yang lebih tua, jika kita masih melakukan pola hidup yang tak menyehatkan. 

Namun demikian, dengan mengetahui gejala-gejala awal dari penyakit, kita bisa mengatasi dan mengobatinya sebelum terlambat lebih jauh. Berikut adalah salah satu studi yang dilansir laman Best Life Online, Kamis (3/6), yang menjabarkan ciri-ciri penyakit parkinson yang muncul pada saat kita tidur yang bisa kita simak. 

Baca Juga

Pertama, jika Anda melakukan beberapa hal seperti memukul, menendang, atau berbicara dalam tidur Anda, itu bisa menjadi tanda awal penyakit Parkinson. Sebuah studi April 2021 menemukan bahwa gangguan perilaku tidur gerakan mata cepat atau rapid eye movement sleep behavior disorder (RBD) mungkin merupakan tanda awal penyakit Parkinson.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa orang dengan RBD mengalami perubahan aliran darah ke otak, yang dapat mengakibatkan kekurangan oksigen di jaringan otak. Para peneliti menyarankan bahwa pada akhirnya, ini dapat menyebabkan gejala Parkinson, menjadikan RBD sebagai prediktor awal penyakit.