Rabu , 16 Jun 2021, 09:02 WIB

Lepaskan Soal Individu, Bale Tekankan Upaya Kolektivitas Tim

Rep: Frederikus Bata / Red: Endro Yuwanto
Gelandang timnas Wales, Gareth Bale.
Foto Ozan Kose, Pool via AP

Gelandang timnas Wales, Gareth Bale.

Menurut Bale, seseorang tak berarti apa-apa, jika tanpa bantuan rekan setim.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU -- Kapten timnas Wales, Gareth Bale, meminta para kritikus sepak bola agar lebih fokus pada performa tim. Bale menyatakan hal ini di sela-sela persiapan timnya menuju laga kedua Grup A Piala Eropa (Euro) 2020.

Beberapa jam lagi, the Dragons bertemu Turki. Laga tersebut, berlangsung di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Rabu (16/6) malam WIB.

Bale berpengalaman tampil di pertandingan besar. Juga di laga panas melibatkan dua tim yang terlibat rivalitas.

Ketika hasilnya positif, menurut Bale, itu bukan karena penampilan individu semata. Tetapi murni ada kerja sama yang terbangun secara efektif.

"Semua orang berbicara tentang penampilan individu, siapa yang mencetak gol, siapa yang melakukan sesuatu. Tapi paling penting adalah bekerja keras secara kolektif sebagai sebuah tim," kata Bale, dikutip dari Marca, Rabu.

Bale mengaku telah mengatakan hal itu di sepanjang kariernya bersama Wales. Ia tidak peduli apakah dirinya atau siapa pun yang mencetak gol.

Menurut Bale, seseorang tak berarti apa-apa, jika tanpa bantuan rekan setim. Lagi-lagi pencapaian tim berkat usaha bersama.

"Kami hanya murni fokus melakukan segalanya sebagai sebuah tim, bersama-sama," ujar Bale.

Duel Wales kontra Turki di Azerbaijan, diprediksi memanas. Penggemar lokal bakal mendukung tim asuhan Senol Gunes.

Bale tak terlalu mempermasalahkan hal itu. Ia malah berharap, lebih banyak orang datang ke stadion. "Akan menyenangkan merasakan atmosfer di stadion dan kembali normal," ujar winger Real Madrid ini.

Bale dan rekan-rekan mengoleksi sebiji poin di Grup A. Sebelumnya pada laga perdana, the Dragons bermain imbang 1-1 dengan Swiss.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
gareth bale bintang wales timnas wales turki vs wales euro 2020 piala eropa 2020 ryan giggs rob page turkivswaleseuro2020 uefa jadwal euro 2020 jadwal siaran langsung euro 2020
Berita Terpopuler
Berita Lainnya