Jumat 13 Aug 2021 05:04 WIB

IDAI: Ibu Positif Covid-19 Tetap Bisa Berikan ASI

Ibu yang positif Covid-19 tetap bisa memberikan Air Susu Ibu

Red: Esthi Maharani
Petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada ibu hamil
Foto: Prayogi/Republika.
Petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Satgas ASI PP IDAI, dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A mengatakan ibu yang positif Covid-19 tetap bisa memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada anaknya dengan menerapkan protokol kesehatan tanpa perlu khawatir transmisi virus SARS-CoV-2.

"Ibu dapat menyusui jika mereka menginginkannya. Caranya, ibu menyusui dengan protokol kesehatan seperti memakai masker saat menyusui dan merawat bayi, mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah memegang bayi, dan membersihkan dan mendisinfeksi permukaan dan benda yang sering disentuh ibu dan bayi," kata Elizabeth.

Elizabeth dalam webinar Pekan Menyusui Sedunia dengan tema 'Menyusui Saat Pandemi: Dukungan untuk Ibu, Perlindungan untuk Keluarga" secara daring, Kamis (12/8) mengatakan, ibu dengan Covid-19 harus mendapatkan dukungan untuk menyusui dengan aman.

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan menyusui eksklusif membantu tumbuh kembang bayi secara optimal, melakukan IMD dengan kontak kulit dengan kulit saat ibu dan bayi dalam keadaan stabil. Jika ibu tidak kuat menyusui langsung, makan dapat memberikan ASI perah dengan protokol kesehatan Covid-10 saat memerah ASI.