REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, sejumlah sepeda motor telah dibekali dengan fitur traction control agar pengendara dapat melibas jalanan licin secara lebih aman. Salah satu pabrikan yang telah menerapkan fitur ini adalah Honda lewat fitur yang disebut dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC).
Dikutip dari website resmi Honda pada Kamis (26/8), fitur HSTC dapat dijumpai pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750, Forza dan PCX 160.
Fitur tersebut berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.
HSTC akan bekerja saat sensor pada tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran roda depan dan belakang. Sensor akan memberi informasi tersebut ke ECU dan ECU akan memerintahkan Engine Torque Control (ETC) untuk memutus sementara pengapian mesin.
Secara otomatis kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan selip yang terjadi.
Fitur ini pun bersifat opsional, sehingga pengendara bisa mengaktifkan HSTC sesuai kebutuhan. Untuk mengaktifkan, pengendara perlu menekan tombol berlambang T di stang sebelah kiri sampai mode HSTC ditampilkan di panel instrumen.
Selanjutnya, tekan tombol SET untuk mengaktifkan HSTC. Saat lampu indikator berlambang T di panel instrumen menyala, maka fitur HSTC dalam kondisi aktif.
Langkah serupa pun dapat dilakukan untuk mematikan fitur tersebut. Jika lampu indikator berlambang T silang menyala, itu artinya fitur HSTC dalam kondisi non-aktif
Dengan adanya fitur ini, maka pengendara dapat melakukan akselerasi secara lebih aman dan efektif. Fitur ini sendiri akan sangat berguna saat melibas jalanan berlumpur, berpasir atau jalanan yang berada dalam kondisi basah.