DKI dan Jatim Berbagi Emas Renang Perairan Terbuka 5KM

Atlet renang perairan terbuka putri Jawa Timur Ressa Kania Dewi berfoto saat upacara pengalungan medali final renang perairan terbuka 5.000 M putri PON Papua di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021). Atlet renang perairan terbuka Jawa Timur Ressa Kania Dewi berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 1 jam 6 menit 4 detik, sementara medali perak diraih atlet Jawa Barat Raina Saumi Grahana (1 jam 10 menit 12 detik) dan medali perunggu diraih atlet D.I Yogyakarta Valerie Peulini Yuwono (1 jam 13 menit 21 detik).
Atlet renang perairan terbuka putri Jawa Timur Ressa Kania Dewi berfoto saat upacara pengalungan medali final renang perairan terbuka 5.000 M putri PON Papua di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021). Atlet renang perairan terbuka Jawa Timur Ressa Kania Dewi berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 1 jam 6 menit 4 detik, sementara medali perak diraih atlet Jawa Barat Raina Saumi Grahana (1 jam 10 menit 12 detik) dan medali perunggu diraih atlet D.I Yogyakarta Valerie Peulini Yuwono (1 jam 13 menit 21 detik).
Foto: ANTARA/FAUZAN

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kontingen DKI Jakarta dan Jawa Timur berbagi medali emas di cabang olahraga renang perairan terbuka nomor lomba 5 kilometer putra dan putri pada PON XX Papua yang digelar Senin (4/10). Renang perairan terbuka dilombakan di Teluk Yos Sudarso, Jayapura diikuti 11 perenang dari delapan daerah. 

Di bagian putra nomor 5KM dimenangi perenang dari DKI Jakarta Ernest Fabian Wijaya dengan catatan waktu 01 jam 03 menit 48 detik yang berhak atas medali emas. 

Baca Juga

Perebutan medali perak cukup sengit, karena keduanya finis hampir bersamaan. Hingga akhirnya medali perak diraih perenang Jawa Timur Nanda Wahyu Jendro dengan catatan 01.03.54 detik dan medali perunggu perenang Jawa Barat Rashief Amila Yaqien dengan catatan 01.03.55 detik. 

"Persiapannya latihan tiga bulan di Millenium akuatik. Cukup berat PON kali ini karena tadi arusnya besar. Saya berenang sekuat tenaga utuk bisa finish karena jarak dengan perenang kedua dan ketiga sangat dekat," ujar Fabian Ernest usai meraih medali emas. 

Nurul pelatih DKI Jakarta mengatakan, "Sebenarnya strategi kami maunya langsung memimpin, tapi tadi di belokan pertama Ernest berada di sisi kanan sedangkan belok ke kiri. Jadinya masuk rombongan," kata Nurul.

Ernest, Nanda dan Rashief terus bersama hingga 3 KM dan saat 500 meter terakhir, Ernest bisa melepaskan diri untuk menyentuh finish pertama dengan catatan waktu 01 jam 03 menit 48 detik yang berhak atas medali emas. 

"Lucky seven. Ini PON pertama saya dan alam Papua sangat bersahabat sejak menginjakan kaki di sini. Sama sekali tidak mengalami kendala di Bumi Papua. Tadi berenang arusnya juga lumayan, tidak terlalu besar. jadi saya bisa melepaskan diri dari rombongan dan meraih medali emas di PON pertama saya," jelas Ernest, pria kelahiran 22 Juli 2003. 

"Saya itu khawatir sekaligus deg-degan juga karena di kolam dan laut itu beda airnya serta alamnya. Apalagi Ernest terus ditempel dari Jatim dan Jabar. Namun saya yakin dan tahu di saat-saat akhir pasti Ernest sprint. Ini spesialisasi dia, sprint di akhir dan lega rasanya bisa finis pertama," ujar orangtua Ernest Yanny Harjanti dan Septian Wijaya. 

Ernest sendiri menekuni renang sejak usia delapan tahun hingga menginjak bangku kuliah di LSPR E-Learning Jakarta. "Saya itu awalnya suka berenang karena Kokoh saya Edward Farand Wijaya dan terus hingga kini. Yang pasti banyak terima kasih untuk Papi Septian dan Mami Yanny yang mengantarkan berenang sejak usia delapan tahun juga para pelatih yang sudah membimbing," papar Ernest. 

"Ernest memang spesialnya jarak jauh, Usianya masih 18 tahun, akan berkoordinasi dengan KONI DKI untuk persiapkan Ernest di renang perairan terbuka dengan target bisa tampil di Olimpiade," harap Nurul.

Di bagian putri renang perairan terbuka nomor 5KM, medali emas diraih perenang Jawa Timur Ressa Kania Dewi dengan catatan waktu 01 jam 06 menit 04 detik. Medali perak diraih Raina Saumi Grahana dengan catatan 01.10.12 detik dan medali perunggu direbut Valerie Peulini Yuwono dari Yogyakarta dengan waktu 01.13.21 detik. 

"Ini medali emas pertama saya di renang perairan terbuka. Tadi berenang sesuai arahan Pelatih Coach Hendry dan Ko Dani. Arusnya juga tidak terlalu kencang jadi bisa stabil," jelas Ressa. 

Renang perairan terbuka masih mempertandingkan dua nomor yakni 3KM dan 10 KM. 

Hasil pertandingan renang perairan terbuka 

Senin, 04 Oktober 2021 

Nomor 5KM putra

1. Ernest Fabian Wijaya (DKI) 01.03.48 detik - Emas 

2. Nanda Wahyu Jendro (Jatim) 01.03.54 detik - Perak 

3. Rashief Amila Yaqien (Jabar) 01.03.55 detik - perunggu 

4. Dewa Gede Anom Artha (Bali) 01.05.02 detik 

5. Clif Fernando Ricky Halim (Kaltim) 01.08.32 detik 

6. Frederickus Jesly Maijai (Papua) OTL 

Nomor 5 KM putri

1. Ressa Kania Dewi (Jatim) 01.06.04 detik - Emas 

2. Raina Saumi Grahana (Jabar) 01.10.12 detik - Perak 

3. Valerie Peulini Yuwono (DIY) 01.13.21 detik - Perunggu 

4. Nuraini Kirana Maharani (DKI) 01.17.25 

5. Wanda Agustina (Sulsel) 01.23.15 

 

Komentar

Terkait


Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum

Pesan Wagub Jabar ke Tim Rugbi PON Papua

 Andreas Marcellino Bonfillio (kanan) asal Jawa Timur berhadapan dengan Fransiscus Bryan Prasetio asal Bangka Belitung pada laga penyisihan grup basket putra di GOR Sport Centre, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (4/10).

Jatim Buka Jalan ke Semifinal Basket Putra 5x5

Petenis Jawa Timur Aldila Sutjiadi mengembalikan bola ke arah lawannya petenis DKI Jakarta Fitriani Sabatini dalam pertandingan babak final tenis beregu putri PON Papua di Jayapura, Papua, Ahad (3/10/2021). Aldila berhasil menang 1-6, 6-4 dan 7-6 untuk membawa Jawa Timur unggul sementara 1-0.

Aldila Optimis Persembahkan Hattrick Emas

Atlet taekwondo Jawa Barat Aqila Aulia meluapkan emosinya usai berhasil mengalahkan atlet Jawa Tengah Nabila Amalia saat pertandingan final Taekwondo kategori Kyorugi kelas under 57 kg putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Ahad (3/10/2021). Atlet taekwondo Jawa Barat Aqila Aulia berhasil meraih medali emas disusul atlet Jawa Tengah mendapat medali perak dan Kalimantan Timur serta Bali medali perunggu.

Usai Emas PON, Aqila Bidik SEA Games

Ilustrasi. Perlombaan cabor panjang tebing PON XX digelar di Arena Panjat Tebing SP2 Mimika,

Tidak Kenakan Masker, Atlet PON tidak Dilayani

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image