Kamis 07 Oct 2021 15:09 WIB

3 Tren yang Harus Diadaptasi Pelaku Wisata di Masa Pandemi

Para pelaku wisata harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama pandemi.

Para pelaku wisata harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama pandemi.
Foto: Sergei Chirikov/EPA
Para pelaku wisata harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaku Industri Pariwisata di Tanah Air diminta untuk mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan-perubahan atau tren di sektor wisata yang terjadi selama pandemi COVID-19. Pembina Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Guntur Subagja Mahardika di Jakarta, Kamis (7/10), mengatakan, ada tiga perubahan mendasar yang harus direspons secara adaptif oleh insan pariwisata dan para pelaku industri pariwisata.

"Insan pariwisata mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama pandemi COVID-19," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Baca Juga

Menurut dia, perubahan tersebut, yakni perubahan Mega Trend yang berkembang sejak tahun 2000 yang mendorong transformasi ekonomi dan revolusi industri dan kini memasuki revolusi Industri 5.0. Kemudian technology trend, di mana perkembangan teknologi informasi dan digital menuntut industri pariwisata mampu mengadopsi teknologi informasi dalam semua aktivitasnya. Selain itu, consumer trend, di mana perubahan perilaku konsumen, termasuk di sektor pariwisata, terjadi sangat cepat selama pandemi COVID-19 di dunia.

"Konsumen saat ini lebih senang bertransaksi dari rumah, menggunakan e-commerce, cashless, dan semuanya digital. Karena itu, industri pariwisata harus mampu merespons secara cepat dengan melakukan perubahan dan inovasi," ujarnya.

Saat mengikuti secara daring Musyawarah Daerah (Musda) II Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IPI Provinsi Kepulauan Riau, Guntur juga mengingatkan potensi besar ekonomi kreatif yang saat ini terkoneksi langsung dengan sektor pariwisata. Ia mengungkapkan, hasil riset Opus Creative Economic Outlook 2019, Indonesia berpotensi besar menjadi tiga besar negara ekonomi kreatif setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan. Industri pariwisata, lanjutnya, harus mampu memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi seiring dengan makin menurunnya kasus COVID-19.

"Pariwisata harus menjadi motor pemulihan ekonomi karena memiliki multiplier effect luas. Dengan bergeraknya sektor pariwisata, industri lainnya bergerak seperti transportasi, UMKM, kuliner, dan produk serta jasa lainnya," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement