Rabu 20 Oct 2021 07:54 WIB

Manfaat Vitamin dan Mineral untuk Imun Tubuh

Respons imun tubuh bisa kacau akibat infeksi virus Covid 19.

Red: Natalia Endah Hapsari
Asupan vitamin dan mineral untuk daya imun tubuh (ilustrasi)
Foto: Adam Niescioruk Unsplash
Asupan vitamin dan mineral untuk daya imun tubuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk menjaga kesehatan dan memperkuat daya imun tubuh, makanan sehat dan gizi seimbang tampaknya belum cukup. Di tengah pandemi Covid 19 seperti saat ini, kita membutuhkan pula asupan vitamin dan mineral.

Menurut dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Arti Indira, Mgizi, Sp.Gk, FINEM mengatakan, vitamin dan mineral berperan membantu respons imun tubuh yang bisa kacau akibat infeksi virus penyebab Covid 19.

Virus SARS-CoV-2 atau penyebab Covid 19 akan menyebabkan inteleukin naik yakni sitokin protein yang berfungsi sebagai pembawa pesan mengaktifkan sistem kekebalan. Begitu juga dengan TNF alpha dan interferon yakni protein alami yang diproduksi tubuh sebagai respons melawan senyawa berbahaya. Sementara di satu sisi, sel yang menjadi pembunuh alami serta sel T dibuat menjadi turun.

"Dengan konsumsi atau memasukkan sumber vitamin dan mineral seperti vitamin C dapat memodulasi sitokin di tubuh sehingga interleukin menjadi turun terutama interleukin 6 (IL-6) dan meningkatkan interleukin 10 (IL-10)," ujar dia dalam satu ajang pertemuan virtual belum lama ini.