Kamis 28 Oct 2021 09:09 WIB

Gejala Flu yang Harus Diwaspadai Penderita Jantung

Flu dapat menyebabkan penyakit ringan hingga berat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Gejala flu yang harus diwaspadai penderita sakit jantung (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Gejala flu yang harus diwaspadai penderita sakit jantung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19, infeksi flu juga telah meningkat pesat. Para ahli memperingatkan kemungkinan twindemic. Hal ini tidak hanya mengkhawatirkan, tetapi mereka yang memiliki penyakit jantung punya risiko lebih besar untuk dirawat di rumah sakit dan bahkan kematian.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (CDC), selama musim flu, penyakit jantung adalah salah satu kondisi kronis jangka panjang yang paling umum terjadi di antara orang dewasa yang dirawat di rumah sakit. Sekitar setengah dari orang dewasa yang dirawat karena flu memiliki penyakit jantung.

CDC menyoroti bahwa penelitian telah menunjukkan peningkatan serangan jantung dan stroke akibat penyakit flu. Pelonggaran pembatasan wilayah dan sosial dinilai berkontribusi pada peningkatan kasus tersebut.

Pada saat seperti ini, pasien jantung harus sangat berhati-hati dan harus waspada terhadap kemungkinan tanda dan gejala flu. Seseorang harus tahu bagaimana membedakan antara gejala yang paling umum dan yang mengkhawatirkan. Berikut uraiannya seperti dilansir di Times of India, Kamis (28/10):