Senin 08 Nov 2021 17:22 WIB

Karena Sebutir Buah Ini, Nabi Muhammad Sulit Terlelap

Nabi Muhammad telah memakan sebutir kurma.

Red: Muhammad Hafil
Karena Sebutir Buah Ini, Nabi Muhammad Sulit Terlelap. Foto: Rasulullah SAW. Ilustrasi
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Karena Sebutir Buah Ini, Nabi Muhammad Sulit Terlelap. Foto: Rasulullah SAW. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,MADINAH -- Diriwayatkan suatu ketika, Nabi Muhammad SAW tak bisa  memejamkan matanya sepanjang malam. Berkali-kali kekasih Allah tersebut mengubah posisi tidurnya sehingga istri beliau bertanya, "Mengapa engkau tidak dapat tidur, ya Rasulullah?"

Nabi menjawab, "Tadi tergeletak sebutir kurma, kemudian aku memakannya karena khawatir kurma itu terbuang sia-sia. Sekarang aku cemas, mungkin kurma itu dikirim ke sini untuk disedekahkan."

Baca Juga

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Khandahlawi, dalam kitabnya yang berjudul Fadhilah Amal menerangkan, kemungkinan besar kurma itu milik Nabi Muhammad. Tetapi, karena sedekah biasanya diberikan melalui Nabi Muhammad, keraguan itulah yang membuatnya tidak bisa tidur semalaman. Khawatir kurma itu harta sedekah, berarti ada harta sedekah yang termakan oleh beliau.

Menurut pakar hadist dari India tersebut, hal tersebut merupakan gambaran Nabi Muhammad sebagai seorang pemimpin. Hanya karena perasaan ragu, beliau berkali-kali mengubah posisi tidurnya dan tidak bisa tidur sepanjang malam.

"Lalu, bagaimanakah diri kita sebagai pengikutnya? Ada yang memakan suap, riba, hasil curian, merampok, dan perbuatan-perbuatan lain yang dilarang agama, tanpa merasa takut dan cemas, sedangkan ia mengaku sebagai umat Nabi Muhammad," kata Syekh Maulana Muhammad Zakariyya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement