Selasa 16 Nov 2021 21:15 WIB

Penderita Radang Usus Kekurangan Empat Nutrisi Ini

Radang usus mempengaruhi penyerapan nutrisi dan pencernaan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Radang usus mempengaruhi penyerapan nutrisi dan pencernaan.
Foto: www.freepik.com.
Radang usus mempengaruhi penyerapan nutrisi dan pencernaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit radang usus atau Inflammatory bowel disease (IBD) adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Penyakit autoimun ini telah menghasilkan 396 kasus per 100 ribu orang/tahun secara global. The Crohn's and Colitis Foundation of America menyatakan bahwa sekitar 1,6 juta orang Amerika menderita penyakit radang usus, dan ada sekitar 70 orang orang yang didiagnosis setiap tahun.

Penyakit ini mempengaruhi penyerapan nutrisi dan pencernaan. Gejalanya meliputi sakit perut, diare, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, dan pendarahan di dubur. Penyakit Crohn dapat mempengaruhi setiap bagian dari saluran pencernaan dari mulut ke anus, sedangkan kolitis ulserativa hanya mempengaruhi usus besar dan rektum.

Baca Juga

Menurut Dr Eric Berg, peradangan di usus mengurangi penyerapan nutrisi. Karenanya, jika Anda memiliki salah satu penyakit radang usus ini, kemungkinan Anda kekurangan nutrisi di satu atau lebih area. Berikut empat kekurangan nutrisi umum yang terkait dengan penyakit radang usus, seperti dilansir dari Health Digest, Selasa (16/11).

 

1. Zat besi

Penyakit iritasi usus dapat menyebabkan kadar besi rendah karena peradangan menurunkan jumlah zat besi yang dapat Anda serap. Jika kadar zat besi terlalu rendah, Anda dapat mengembangkan anemia defisiensi besi, membuat Anda merasa lelah, mengalami rambut rontok dan kuku rapuh, dan bahkan mengidam es.

Dr Eric Berg mencatat 80 persen orang dengan sindrom iritasi usus besar kekurangan zat besi. Sumber zat besi terbaik adalah daging sapi, hati, dan spirulina. Menurut American Society of Hematology, sumber zat besi lainnya adalah sayuran berdaun hijau, ayam, ikan, kacang-kacangan dan makanan yang diperkaya zat besi seperti sereal, pasta dan nasi.

 

2. Vitamin D

Menurut Dr Eric Berg, 70 persen orang dengan penyakit radang usus memiliki kekurangan vitamin D karena peradangan tidak memungkinkan untuk menyerap vitamin sinar matahari. Meskipun sebagian besar rekomendasi untuk vitamin D adalah 600 unit, suplemen vitamin D hingga 2.000 unit dianjurkan jika kekurangan vitamin D.

Anda dapat menyerap beberapa vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari, atau mengonsumsi minyak ikan cod, kuning telur, hati sapi, keju, ikan berlemak, dan makanan yang diperkaya seperti sereal, susu, yogurt, dan jus jeruk.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement