Kamis 18 Nov 2021 21:21 WIB

8 Rahasia Orang Jepang Bisa Hidup Lebih Lama

Harapan hidup orang Jepang meningkat dari tahun ke tahun.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Rahasia orang Jepang bisa hidup lebih lama (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Rahasia orang Jepang bisa hidup lebih lama (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam perbandingan internasional statistik kematian baru-baru ini di antara negara-negara G7, Jepang memiliki rata-rata harapan hidup terpanjang. Menurut Shoichiro Tsugane dari Pusat Ilmu Kesehatan Masyarakat, Tokyo, hal tersebut lantaran tingkat kematian yang sangat rendah akibat penyakit jantung iskemik dan kanker payudara juga prostat.

Dalam laporan yang muncul di European Journal of Clinical Nutrition dan Nature.com, para peneliti mengatakan harapan hidup orang Jepang meningkat dari tahun ke tahun. Tingkat kematian yang rendah dari penyakit jantung iskemik dan kanker dianggap mencerminkan rendahnya prevalensi obesitas di Jepang, rendahnya asupan daging merah, khususnya asam lemak jenuh dan asupan ikan yang tinggi, khususnya asam lemak tak jenuh ganda n-3, makanan nabati seperti kedelai, dan minuman tanpa gula seperti teh hijau.

Baca Juga

Makanan khas Jepang yang dicirikan oleh makanan nabati dan ikan, serta diet kebarat-baratan sederhana seperti daging, susu, dan produk susu, mungkin juga terkait dengan umur panjang di Jepang.

Mari kita lihat faktor-faktor kunci yang membuat pria dan wanita Jepang dapat hidup lama seperti dilansir di laman Time Now News, Kamis (18/11):