Senin 22 Nov 2021 19:20 WIB

Musim Hujan Anak Rentan Flu, Vaksinasi Bisa Jadi Solusi

Vaksin quadrivalent dapat melindungi tubuh dari empat jenis pula.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Flu tak hanya bisa diderita dewasa, tapi juga dapat menyerang anak bahkan bayi. Kenali gejalanya supaya bisa segera menghalau flu pergi.
Foto: EPA
Flu tak hanya bisa diderita dewasa, tapi juga dapat menyerang anak bahkan bayi. Kenali gejalanya supaya bisa segera menghalau flu pergi.

REPUBLIKA.CO.ID, Masuknya musim penghujan di sebagian besar wilayah Indonesia menjadikan anak-anak lebih mudah terserang penyakit infeksi pernapasan akut atau ISPA seperti flu. Hal ini disebabkan karena suhu dingin menciptakan kondisi ramah pada virus dan juga membuatnya lebih mudah menular.

Flu merupakan penyakit yang masih sering dinilai remeh karena dianggap sama dengan salesma atau common cold. Padahal, keduanya disebabkan oleh jenis virus yang berbeda dan flu dapat menyebabkan komplikasi berbahaya seperti pneumonia bahkan hingga menyebabkan kematian.

Baca Juga

Menurut Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) Prof. dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K), PhD, seseorang yang terkena flu biasanya mengalami gejala, seperti demam di atas 37,8 derajat celcius, batuk, dan pilek.

“Walaupun gejalanya sama, selesma atau pilek ini sebenarnya berbeda dengan flu. Banyak yang menganggap kedua penyakit itu sama. Padahal, flu itu kan karena virus influenza, kalau selesma itu virusnya beda. Keduanya terjadi akibat infeksi saluran pernafasan akut,” ujarnya di Jakarta, Senin (22/11).