Selasa 23 Nov 2021 07:28 WIB

Survei: Novel Cerita Dewasa Lebih Diminati

Pembaca di platform digital diharap lebih bijak membaca buku sesuai usia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Berdasarkan survei Jakpat, pembaca lebih meminati novel dewasa (ilustrasi).
Foto: Republika/Mardiah diah
Berdasarkan survei Jakpat, pembaca lebih meminati novel dewasa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Novel dengan cerita dewasa sedang menguasai hampir seluruh platform penerbitan digital akhir-akhir ini. Ketika membuka laman awal sebuah platform, setidaknya novel bermuatan cerita dewasa akan memenuhi setengah dari daftar novel yang tampil. 

Hal tersebut memang berbanding lurus dengan minat pembaca yang semakin lama, menunjukkan ketertarikan yang lebih terhadap cerita dewasa. Menurut survei yang dilakukan Jakpat, ketika dihadapkan dengan sebuah pilihan untuk membaca antara dua kategori buku yang pertama terlihat dalam sebuah platform, novel dewasa atau genre adult dan novel teenlit, 71 persen orang akan memilih untuk membaca novel dewasa terlebih dahulu.

Baca Juga

Lebih lanjut, 94 persen dari lebih dari 250 orang responden mengatakan bahwa mereka pernah membaca buku dengan label 18+. Dari hasil survei tersebut, terlihat bahwa novel dewasa memang lebih diminati saat ini.

Uniknya, saat ini masih banyak yang menyalahartikan definisi novel dewasa. Banyak yang mengira, novel dewasa selalu mengandung adegan seks atau hanya yang berlabel 18+.