REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT--Dua raksasa otomotif AS, General Motors Co dan Ford Motor Co kembali bersaing dalam menjual lebih banyak kendaraan listrik (EV) pada 2025. Kedua perusahaan asal Detroit, Amerika Serikat (AS) ini berlomba untuk menduduki posisi ketiga dalam pasar kendaraan jenis ini, setelah Tesla di peringkat pertama dan Volkswagen Group kedua.
Pada Rabu (1/12), GM mengumumkan rencana untuk membentuk usaha bersama dengan POSCO dari Korea Selatan (Korsel) dalam membangun pabrik bahan katoda baterai di Amerika Utara pada 2024. Kesepakatan itu adalah bagian dari rencana jangka panjang pembuat mobil untuk secara hati-hati membangun mesin EV eksklusif yang terintegrasi secara vertikal, yang sepenuhnya berlangsung ketika biaya turun dan permintaan tumbuh di paruh kedua pada 2020-an. “Tujuan kami adalah kepemimpinan pasar EV,” ujar wakil presiden eksekutif GM, Doug Parks.
Sementara itu, Ford akan menguraikan strategi EV yang sangat berbeda. Perusahaan otomotif ini berencana untuk segera meluncurkan beberapa model volume tinggi seperti Mustang Mach-E dan F-150 Lightning, menggunakan kendaraan pembakaran yang dimodifikasi.
Ford akan menindaklanjuti pada pertengahan dekade ini dengan portofolio SUV dan truk listrik yang lebih luas, yang dirancang dari bawah ke atas untuk dijalankan dengan baterai. CEO Jim Farley mengatakan telah meminta untuk menambah lebih banyak kapasitas produksi EV, dibanding rencana awal yang diumumkan, serta perlu asan kapasitas F-150 listrik di Dearborn, Michigan.
Terlepas dari yang dilakukan oleh GM dan Ford, AutoForecast Solutions (AFS) mengatakan kedua perusahaan pembuat kendaraan ini diperkirakan masih jauh tertinggal di belakang Tesla dan Group VW hingga 2028. Selain itu, masing-masing juga harus menghadapi pesaing kejutan untuk menduduki tempat ketiga dalam pasar EV, diantaranya adalah dengan Stellantis, perusahaan Eropa yang dibentuk tahun lalu oleh penggabungan pembuat mobil Prancis PSA dan pembuat mobil Italia-Amerika, Fiat Chrysler.
AFS memperkirakan output global Tesla akan mencapai hampir 1,5 juta pada 2025, dengan pertumbuhan lebih lanjut tergantung di mana dan bagaimana perusahaan memperluas jejak produksinya. Perkiraan juga menyebut Grup VW untuk mencapai 1,45 juta dari produksi EV pada 2025 dan naik menjadi 1,9 juta pada 2028.
Produksi EV global Ford diperkirakan akan mencapai 695.000 pada 2025 dan 1,14 juta pada 2028. Angka EV GM terlihat jauh lebih tipis, yaitu 494.000 pada 2025 dan 624.000 pada 2028. Angka tersebut tidak termasuk produksi dari usaha patungan SAIC-GM-Wuling di Cina, yang memproduksi EV di bawah merek Baojun dan Wuling dan di mana GM merupakan pemegang saham minoritas.
Menurut AFS, Stellantis bertujuan untuk membangun 948.000 EV pada 2025 dan 1,2 juta pada 2028, yang akan menempatkan perusahaan di tempat ketiga, di depan Ford.
Strategi Ford berbeda dari GM dalam hal lain. Sementara kedua perusahaan berencana untuk membangun EV di Amerika Serikat (AS), Kanada, Meksiko dan Cina. Ford juga akan memproduksi sumber di Jerman, Turki dan Spanyol. GM akan mendapatkan kendaraan listrik dari sembilan pabrik pada 2028, Ford dari 12, menurut data AFS.
Kedua perusahaan akan sangat menggemparkan merek premium AS mereka. Cadillac GM akan menawarkan Lyriq, Symboliq, Celestiq dan Escalade EV, serta SUV kompak, pada 2025. Lincoln Ford akan melawan versi listrik dari Corsair, Aviator dan Navigator, bersama dengan kendaraan model pickup listrik.