Senin 06 Dec 2021 00:01 WIB

Ciri Penderita Depresi yang Jarang Diketahui Orang

Penderita depresi sering menutupi emosi, menghindari pertemuan, dan suka menyendiri.

Rep: Santi Sopia/Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Ciri penderita depresi yang jarang diketahui orang (ilustrasi).
Foto: republika
Ciri penderita depresi yang jarang diketahui orang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sulit untuk menjelaskan bagaimana mengatasi depresi kepada orang yang belum pernah mengalaminya. Kondisi depresi jauh lebih intens dibandingkan serangan kesedihan, kemarahan, lekas marah, dan ada kalanya seseorang mungkin tak merasakan emosi sama sekali untuk waktu yang sangat lama.

Orang dengan depresi tidak menemukan kesenangan atau kegembiraan dalam hal-hal yang mereka nikmati sebelumnya. Ini lubang yang dalam dan gelap tanpa cahaya yang terlihat. 

Baca Juga

Mengingat banyak orang yang tidak memahami masalah kesehatan mental, mereka mungkin tidak tahu bagaimana berbicara secara sensitif dengan orang yang mengalami depresi. Ini mungkin menjadi salah satu alasan orang dengan depresi tidak suka membuka diri dan berbagi apa yang mereka alami.

Tidak mengherankan banyak orang memasang penampilan luar yang bahagia untuk menyembunyikan apa yang mereka rasakan sebenarnya. Namun, mereka menangis sendirian ketika tidak ada yang melihat. Atau mungkin melakukan hobi untuk mengalihkan perhatian yang mungkin tidak mereka sukai.