Senin 13 Dec 2021 15:37 WIB

Deratan Pembaruan Fitur Privasi di Telegram

Telegram menambahkan fitur konten terlindungi, sampai konten hapus berdasar tanggal.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
 Ilustrasi foto Telegram. Telegram menambahkan beberapa fitur baru,
Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Ilustrasi foto Telegram. Telegram menambahkan beberapa fitur baru,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi pesan terenkripsi Telegram mulai meluncurkan pembaruan bulanan terbaru untuk perangkat Android dan iOS. Pembaruan menambahkan banyak fitur baru untuk para pengguna.

Beberapa fitur Telegram yang penting termasuk konten yang filindungi dalam grup dan saluran, menghapus pesan berdasarkan tanggal, masuk melalui panggilan, dan banyak lainnya.

Baca Juga

"Fitur konten terlindungi yang baru akan membantu pembuat konten melindungi konten yang mereka publikasikan di Telegram dan memastikan bahwa konten tersebut hanya tersedia untuk audiens yang mereka tuju. Untuk memberikan kontrol penuh kepada pengguna atas jejak digital mereka, fitur hapus berdasarkan tanggal akan memungkinkan mereka untuk dengan mudah menemukan dan menghapus obrolan khusus tanggal dari riwayat," ujar perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan dikutip dari laman Business-Standard, Senin (13/12).

 

Dengan fitur konten yang dilindungi, pemilik grup, dan saluran tersebut dapat membatasi konten mereka hanya untuk anggota grup atau channel tersebut. Ini mencegah pesan diteruskan, dan tangkapan layar, dan menonaktifkan kemampuan untuk menyimpan media dari pos. Ini bertujuan untuk membantu pembuat dan admin saluran melindungi media dan pos mereka di grup dan saluran.

 

Hapus pesan berdasarkan tanggal akan memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan apa pun dari percakapan kapan saja. Dengan pembaruan ini, penguna menjadi lebih nyaman karena sekarang seseorang dapat menghapus riwayat obrolan dari hari atau rentang tanggal tertentu dalam obrolan satu persatu.

 

Dengan cara baru untuk masuk melalui panggilan, Telegram kini telah mengizinkan beberapa perangkat seluler dengan opsi untuk menerima panggilan masuk dari Telegram dan kemudian memasukkan beberapa digit nomor telepon yang dipanggil, alih-alih mendapatkan kode melalui pesan teks.

 

Dalam pembaruan terakhir, Telegram memperkenalkan delapan tema obrolan global baru, namun sejauh ini hanya tersedia di iOS. Dengan  pembaruan terbaru ini, sekarang pengguna Android dapat memilih dari delapan tema obrolan baru untuk UI mereka.

 

Pengaturan obrolan telah didesain ulang sepenuhnya, memberikan tema baru. Dibangun oleh tim Telegram, setiap tema memiliki mode siang dan malam, latar belakang animasi berwarna-warni, dan gelembung pesan gradien.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement