Rabu 22 Dec 2021 06:07 WIB

Bagaimana Melindungi Diri dari Varian Omicron?

Delta adalah risiko nyata saat ini. Omicron adalah ancaman yang tidak pasti

Rep: Mgrol131/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

REPUBLIKA.CO.ID, Kemunculan varian baru Covid-19 Omicron cukup membuat dunia khawatir, apalagi kondisi pandemi Covid-19 varian delta yang sebenarnya masih terus berlangsung hingga saat ini. Hal ini menimbulkan pertanyaan, “bagaimana cara untuk melindungi diri dari varian baru omicron?”.

Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya masih sama, yakni dengan cara yang dilakukan pada penanganan pandemi saat ini, seperti melaksanakan vaksinasi bila belum dilakukan, dapatkan vaksin booster bila Anda memenuhi syarat, dan pencegahan yang semestinya dilakukan semua orang, mengenakan masker dan menghindari keramaian.

Walau pada riset-riset yang telah diumumkan terkait omicron, banyak pendapat mengatakan bahwa hingga kini, potensi penularan virus lebih besar terjadi pada varian Delta. Serta banyak kematian yang terjadi di sejumlah tempat akibatnya.

“Delta adalah risiko nyata saat ini. Omicron adalah ancaman yang tidak pasti,” kata, Direktur Institut Kesehatan Nasional AS Dr. Francis Collins, kepada The Associated Press.