Kamis 30 Dec 2021 14:47 WIB

Motor Matic Masih akan Jadi Primadona pada 2022

Selama pandemi pun, motor matic tetap mengantongi serapan pasar tertinggi.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Friska Yolandha
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memprediksi penjualan motor matic masih akan menjanjikan pada tahun depan.
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memprediksi penjualan motor matic masih akan menjanjikan pada tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar sepeda motor di Tanah Air diramaikan oleh beragam kategori mulai dari motor dengan transmisi otomatis (matic), bebek, sport, adventure dan lain-lain. Sudah bertahun-tahun, motor matic jadi motor yang paling diminati di Indonesia.

Ketua Bidang Komersil Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala mengatakan, selama pandemi pun, motor yang dikenal praktis dan fungsional ini tetap mengantongi serapan pasar yang paling tinggi. Mengingat, kategori ini hadir dengan beragam model mulai dari model yang kecil, gesit dan irit hingga model yang lebih besar sehingga menawarkan kenyamanan, akselerasi dan daya jelajah yang lebih jauh.

Baca Juga

"Tahun depan, AISI memperkirakan pasar kendaraan roda dua akan tetap didominasi oleh motor matic," kata Sigit kepada Republika.co.id, Rabu (29/12). Hal ini karena tahun depan masih jadi momentum pemulihan perekonomian sehingga masyarakat masih akan mengutamakan pilihan bagi kendaraan fungsional dan sesuai dengan kondisi ekonomi.

Forecast itu pun senada dengan perkiraan PT Astra Honda Motor (AHM). GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, memang pada tahun depan motor matic masih tetap akan menjadi primadona dalam pasar sepeda motor nasional.