Sabtu 01 Jan 2022 16:10 WIB

Benarkah Pakai VPN Sudah Pasti Aman? Dengar Dulu Kata Pakar Keamanan Siber

VPN selalu diandalkan untuk menjaga aktivitas di internet.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
 VPN selalu diandalkan untuk menjaga aktivitas di internet (Foto: ilustrasi VPN)
Foto: Pikrepo
VPN selalu diandalkan untuk menjaga aktivitas di internet (Foto: ilustrasi VPN)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Virtual Private Network atau Jaringan Pribadi Virtual (VPN) terus digunakan oleh jutaan orang sebagai cara untuk menutupi aktivitas internet dengan mengenkripsi lokasi dan lalu lintas web. Namun, saat ini, penggunaan enkripsi yang telah membuat koneksi internet publik jauh dari ancaman yang semakin meluas.

“Sebagian besar VPN komersial sama sekali tidak meningkatkan keamanan Anda,” kata Dosen Keamanan Siber di University of California, Berkeley, Nicholas Weaver.

Baca Juga

Menurut dia, ini adalah perkembangan bagaimana keamanan siber telah berubah. Hacker atau peretas cenderung tidak menargetkan perangkat individu. Sebaliknya, mereka berfokus pada informasi yang masuk ke akun mereka.

Selama bertahun-tahun, para ahli memperingatkan bahaya bagi orang biasa untuk menggunakan wifi di tempat umum seperti kedai kopi tanpa mengambil langkah untuk menghalangi lalu lintas internet. Seseorang yang berbagi jaringan wifi dengan orang asing pada dasarnya berbagi semua lalu lintas internet. Jika ia memutuskan untuk memeriksa saldo bank, ia akan menghadapi risiko peretas terdekat yang dapat mencuri informasi sensitif.