Ahad 09 Jan 2022 18:29 WIB

Astronom Temukan Jenis Nebula Baru 'Emisi Galaksi'

Nebula merupakan struktur gas yang diterangi radisasi bintang-bintang terdekat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Nebula merupakan struktur gas yang diterangi radisasi bintang-bintang terdekat (Foto: ilustrasi)
Foto: live science
Nebula merupakan struktur gas yang diterangi radisasi bintang-bintang terdekat (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nebula adalah struktur gas yang diterangi radiasi dari bintang-bintang terdekat, dan mereka adalah beberapa bentuk alam yang paling indah. Dengan bantuan astronom amatir yang meletakkan pekerjaan dasar, tim astronom internasional telah menemukan jenis nebula baru di sekitar bintang biner yang mereka sebut 'nebula emisi galaksi'.

Bintang biner YY Hya adalah pusat dari penemuan ini. YY Hya adalah bintang variabel periodik yang terdiri dari bintang kerdil K dan pasangan kerdil putih panas (WD). Bintang-bintang terletak di dalam selubung gas bersama yang dilepaskan oleh bintang yang akhirnya menjadi kerdil putih.

Baca Juga

Sebelum itu, ia melewati fase raksasa merah ketika ia menyebarkan lapisan gas terluarnya ke luar angkasa. Di dalam selubung umum ini, kedua bintang terus berevolusi seolang-olah mereka sendirian, dengan radiasi bintang menerangi gas yang tersebar.

Studi yang mempresentasikan penemuaan ini berjudul “YY Hya and its interstellar environment” dan dipublikasikan di Astrophysics and Astronomy. Penulis utama adalah Stefan Kimeswenger dari Departemen Astro dan Fisika Partikel di Universitas Innsbruck, Austria, dilansir dari Science Alert, Ahad (9/1/2022).