Sabtu 29 Jan 2022 14:00 WIB

Cara Unik Buat Burung Hantu Betah di Tempat Baru: Pakai Kotoran Palsu

Ilmuwan temukan cara unik agar burung hantu betah dipindah ke rumah baru

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Ilmuwan temukan cara unik agar burung hantu betah dipindah ke rumah baru. Ilustrasi.
Foto: EPA
Ilmuwan temukan cara unik agar burung hantu betah dipindah ke rumah baru. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menetap di rumah baru bisa jadi sulit bagi siapa pun. Jadi para ilmuwan telah menemukan beberapa trik untuk membuat burung hantu penggali yang dipindahkan merasa seperti tidak sendirian di tempat baru dengan memainkan suara burung hantu dan menyebarkan kotoran palsu.

Rumah padang rumput burung hantu sering kali menjadi pilihan real estat hunian manusia dan membuat hewan ini telah kehilangan lahan akibat pembangunan di daerah yang tumbuh cepat seperti Silicon Valley dan Southern California. Ahli biologi telah mencoba memindahkan burung hantu ke padang rumput yang dilindungi tetapi tantangannya adalah membuat burung hantu dapat menerima rumah baru mereka.

Baca Juga

Menempatkan burung hantu di habitat utama saja tidak cukup. Dalam program percontohan, para ilmuwan berusaha keras untuk menciptakan kesan burung hantu sudah tinggal di sana sehingga mereka akan bertahan dan cara itu ternyata berhasil.

"Mereka suka berada di lingkungan, tinggal di dekat burung hantu lain,” kata ahli biologi konservasi di San Diego Zoo Wildlife Alliance, Colleen Wisinski, meluncurkan eksperimen dengan Fish and Wildlife Service Amerika Serikat (AS).