Rabu 02 Feb 2022 04:05 WIB

Teleskop Hubble Tangkap Galaksi Kerdil Bersinar dalam Awan Merah

Galaksi kecil berbentuk tidak beraturan, yang terletak di konstelasi Pictor.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Dalam gambar baru yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, galaksi kerdil NGC 1705 bersinar dalam awan cahaya terang dan awan merah.
Foto: hubble/esa
Dalam gambar baru yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, galaksi kerdil NGC 1705 bersinar dalam awan cahaya terang dan awan merah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teleskop Luar Angkasa Hubble melihat ledakan bintang kosmik yang aneh. Dalam gambar baru yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, galaksi kerdil NGC 1705 bersinar dalam awan cahaya terang dan awan merah.

Galaksi kecil berbentuk tidak beraturan, yang terletak di konstelasi Pictor sekitar 17 juta tahun cahaya dari Bumi. Badan Antariksa Eropa (ESA) menggambarkan objek itu sebagai “kosmik eksentrik”. Dilansir dari Space, Selasa (1/2/2022), NGC 1705 melewati fase “semburan bintang”, yang berarti mengalami tingkat pembentukan bintang yang luar biasa tinggi.

Baca Juga

Galaksi kerdil tidak beraturan seperti ini biasanya memiliki lebih sedikit unsur daripada galaksi yang lebih besar dan sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium. Karena itu, mereka dianggap mirip dengan galaksi paling awal di alam semesta.

Gambar ini diambil dengan menggunakan Wide Field Camera 3 Hubble untuk mengamati panjang gelombang cahaya tertentu yang dikenal sebagai H-alpha. Dengan melihat panjang gelombang ini, para astronom berharap dapat mendeteksi area di mana bintang muda yang energik menerangi awan gas di sekitar mereka dengan sinar ultraviolet.