Senin 28 Feb 2022 11:54 WIB

Rektor IPB University Terima Gelar Kehormatan Joguru Malamo dari Sultan Ternate

Rektor IPB juga mengisi kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri Ternate.

Red: Irwan Kelana
Rektor IPB University Prof Arif Satria menerima gelar Joguru Malamo atau Guru Besar, yang disematkan langsung oleh Sultan Ternate, Ahad (27/2)
Foto: Dok IPB University
Rektor IPB University Prof Arif Satria menerima gelar Joguru Malamo atau Guru Besar, yang disematkan langsung oleh Sultan Ternate, Ahad (27/2)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Rektor IPB University, Profesor Arif Satria, yang juga ketua umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat,  melakukan kunjungan ke Kedaton Kesultanan Ternate. Kunjungannya itu disambut langsung oleh Sultan Ternate Hidayatullah Sjah di pendopo kesultanan, Ternate, Ahad (27/2).

Dalam kunjungannya, Prof Arif Satria menerima gelar Joguru Malamo atau Guru Besar. Gelar ini disematkan langsung oleh Sultan Ternate.

Prosesi pemberian gelar adat dilakukan dengan persetujuan Dewan Adat Kesultanan Ternate dan dihadiri oleh sejumlah perangkat adat. Gelar kehormatan ini diberikan atas dasar pengabdian serta kontribusi orang-orang berilmu di dunia pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Pada hari yang sama, Prof Arif Satria mengisi kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri Ternate. Kuliah umum mengangkat tema “Transformasi Sosial dan Ikhtiar Membangun Masa Depan Kemanusiaan dan Peradaban.” Ia juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertemu dengan Alumni IPB University di Ternate.