Sabtu 12 Mar 2022 11:21 WIB

Jamur Tumbuh di Mesin Cuci? Coba Tips Ampuh Sederhana Ini

Penggunaan mesin cuci yang teratur bisa picu tumbuhnya jamur.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Penggunaan mesin cuci yang teratur bisa picu tumbuhnya jamur.
Foto: www.flickr.com
Penggunaan mesin cuci yang teratur bisa picu tumbuhnya jamur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengunaan mesin cuci secara teratur dapat memicu jamur dan lumut yang tumbuh di dalamnya. Jika belum membersihkan mesin cuci akhir-akhir ini, mungkin ada jamur dan lumut yang subur di sana. 

Meskipun tidak terlihat, ada beberapa cara untuk mengetahui kapan mesin cuci sudah perlu dibersihkan. Sebagai permulaan, jika ada bau belerang di pakaian atau ruang cuci, itu pertanda jamur dan lumut sedang tumbuh. 

Baca Juga

Untungnya, ada cara untuk membunuh jamur dan mencegahnya kembali. Berikut tipsnya, seperi dilansir dari laman Cnet, dikutip Sabtu (12/3/2022)

1. Biarkan tutupnya terbuka saat tidak mencuci pakaian

Jamur tumbuh di area yang gelap dan lembab, seperti yang terjadi pada mesin cuci setelah mengeluarkan pakaian. Menjaga tetap tertutup dapat memerangkap kelembapan sehinhga menyebabkan bakteri menumpuk dan bau tidak sedap. Sebaliknya, jika pintu dibiarkan terbuka akan membantu ventilasi mesin cuci dan mencegah jamur tumbuh di tempat pertama.

2. Segera lepaskan pakaian basah 

Saat berencana membuang banyak cucian, pastikan berada di rumah untuk melepas pakaian saat pengatur waktu berbunyi. Itu berarti jangan menyalakan mesin cuci sebelum pergi bekerja atau tidur. Ini tidak hanya mencegah jamur tumbuh di mesin cuci, tetapi juga menjaga pakaian bersih dari jamur.

3. Keringkan setelah mencuci

Setelah selesai menggunakan mesin cuci untuk hari itu, pastikan untuk menyeka bagian mesin cuci yang lembap. Ini termasuk tutup, drum, pintu, gasket karet dan dispenser deterjen (jika mesin memiliki fitur itu). Siapkan handuk tua untuk proses ini.

4. Hanya gunakan bubuk deterjen HE di mesin HE

Deterjen cair dapat meninggalkan residu di mesin cuci, memberikan jamur sebagai sumber makanan. Jadi, jika memiliki mesin cuci HE, hal pertama yang harus dilakukan untuk mengendalikan jamur adalah memastikan penggunaan deterjen yang dibuat khusus untuk jenis mesin cuci ini dan yang menghasilkan lebih sedikit busa. (Cari huruf HE pada wadah sabun) 

 

Cara terbaik untuk membunuh jamur dan bakteri

1. Mulailah dengan mengenakan sarung tangan dan memakai handuk yang tidak terpakai

2. Campurkan larutan pemutih dan air panas atau cuka dan air panas. Jangan pernah mencampur pemutih dan cuka bersama-sama, karena menghasilkan gas klorin yang bisa berbahaya bagi Anda.

3. Celupkan handuk ke dalam campuran dan mulailah menggosok pada cetakan yang terlihat. Pastikan untuk memukul ini

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement