Rabu 16 Mar 2022 08:26 WIB

Kebiasaan Terbaik yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes

Untuk mengelola diabetes, latihan fisik adalah kuncinya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan terbaik yang sebaiknya dilakukan penderita diabetes. (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Kebiasaan terbaik yang sebaiknya dilakukan penderita diabetes. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes adalah kondisi serius di mana peningkatan gula darah secara kronis meningkatkan risiko masalah kesehatan yang parah seperti penyakit jantung, strok, demensia, dan kebutaan. Jika Anda telah didiagnosis dengan diabetes, penting untuk mengikuti saran dokter Anda untuk mendapatkan dan menjaga kondisi di bawah kontrol.

Dengan begitu, Anda dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan komplikasi besar. Menurut dotker, ini adalah kebiasaan terbaik untuk diadopsi jika Anda menderita diabetes, seperti dilansir di laman Eat This Not That, Rabu (16/3/2022).

1. Berolahragalah secara teratur

Untuk mengelola diabetes, latihan fisik adalah kuncinya. Olahraga meningkatkan ukuran otot dan membuat otot sensitif terhadap insulin, yang memungkinkan tubuh Anda memanfaatkan kadar insulin dengan lebih baik. American Diabetes Association merekomendasikan untuk berolahraga setidaknya 150 menit setiap pekan. Itu bisa melibatkan sesuatu yang mudah seperti berjalan ringan. Para ahli merekomendasikan untuk menggabungkan latihan aerobik dan latihan kekuatan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal