Rabu 23 Mar 2022 15:05 WIB

Jenis Buah yang Bisa Kurangi Risiko Kardiovaskular dalam 2 Jam Setelah Dikonsumsi

Penyakit kardiovaksular bisa dicegah dengan menerapkan pola makan sehat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit jantung (ilustrasi). Penyakit kardiovaskular dapat dicegah, salah satunya dengan asupan buah cranberry.
Foto: www.freepik.com.
Sakit jantung (ilustrasi). Penyakit kardiovaskular dapat dicegah, salah satunya dengan asupan buah cranberry.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian secara global. National Health Service menjelaskan, penyakit kardiovaskular adalah istilah umum untuk kondisi yang memengaruhi jantung atau pembuluh darah dan biasanya dikaitkan dengan penumpukan lemak di dalam arteri serta peningkatan risiko pembekuan darah.

Penyakit kardiovaskular sering kali bisa dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin mengonsumsi buah cranberry. Sebuah uji klinis terbaru menemukan, konsumsi cranberry setiap hari selama satu bulan meningkatkan fungsi kardiovaskular pada pria sehat.

Baca Juga

Studi yang diterbitkan di jurnal Food & Function tersebut menganalisis bubuk cranberry beku-kering dan dampaknya terhadap kesehatan kardiovaskular. Penelitian ini melibatkan 45 pria sehat yang mengonsumsi bubuk cranberry yang setara dengan 100 gram cranberry segar per hari (9 gram bubuk) atau plasebo selama satu bulan.

Studi mengungkap bahwa mereka yang mengonsumsi cranberry, aliran pembuluh darahnya lebih bersih dari endapan lemak dan kolesterol jahat. Dr Ana Rodriguez-Mateos, dosen nutrisi senior di King's College London sekaligus penulis studi mengatakan, peningkatan polifenol dan metabolit dalam aliran darah setelah konsumsi cranberry menekankan peran penting cranberry dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

"Fakta bahwa peningkatan kesehatan kardiovaskular ini terlihat dengan jumlah cranberry yang dapat dikonsumsi secara wajar setiap hari, sehingga cranberry menjadi buah penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular bagi masyarakat umum,” kata Rodriguez-Mateos, seperti dilansir dari Express, Rabu (23/3/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement