REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah promosi yang gencar melalui pemakaian media sosial, narablog wisata dan influencer Marischka Prudence mengatakan, visual indah jadi penentu penting dalam memilih akomodasi saat berwisata. Akomodasi yang punya nilai estetika lebih disukai.
"Media sosial mengakselerasi traveling, orang-orang lihat foto dan video yang otomatis menggugah. Visual jadi hal penting termasuk untuk cari akomodasi, kalau anak gen Z bilang penginapan 'estetik'," kata Pru dalam konferensi pers peluncuran Urban View Hotels, Selasa (29/3/2022).
Di sisi lain, penginapan yang menarik dan cantik saat dijepret atau direkam dalam video pendek untuk kemudian dibagikan di media sosial saja tidaklah cukup. Faktor utama seperti kebersihan dan kenyamanan juga masih diutamakan.
Pru mengingat, dahulu saat akan bepergian, dia akan meminta teman bepergiannya untuk memotret kondisi kamar mandi dari akomodasi yang akan dipilih untuk melihat tingkat kebersihannya. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah lokasi strategis, dekat dengan akses transportasi umum atau restoran dan tujuan wisata.
Pru terbiasa memanfaatkan peta digital untuk melihat lokasi calon akomodasi yang diincar. Ia akan melihat ada apa saja tempat yang bisa dieksplorasi di sekitarnya atau seberapa dekat hotel dengan stasiun maupun pusat kuliner.
Mengingat segala hal serba mudah dengan kehadiran internet dan telepon genggam, Pru punya satu kiat untuk orang-orang yang ingin mendapatkan akomodasi terbaik, yakni cari lewat aplikasi-aplikasi pemesanan akomodasi. Sempatkan waktu untuk membaca informasi secara menyeluruh.
Bila masalah utama ada pada dana yang terbatas, cek opsi-opsi yang tersedia pada penginapan, seperti kamar yang menyediakan sarapan gratis atau kamar yang lebih murah tanpa sarapan. Pilih sesuai kebutuhan masing-masing untuk mendapatkan harga yang paling cocok.